Brilio.net - Image musik hip hop selama ini selalu identik dengan kekerasan, seks, dan kriminal. Jika kamu masih berpikiran seperti itu, ada baiknya mengubahnya. Memang lirik dari lagu-lagu dengan genre seperti ini menceritakan kehidupan yang 'gelap'. Meskipun begitu, jenis musik ini telah dianggap mampu obati gangguan mental seperti bipolar, depresi, dan kecanduan.

Dikutip brilio.net dari Elite Daily, Minggu (12/7), penelitian ini dilakukan oleh Becky Inkster dan Akeem Sule dari Cambridge University. Kedua ahli ini fokus terhadap lirik lagu hip hop yang mampu melawan gangguan mental secara efektif. Selain sebagai pemersatu ras, musik hip hop ternyata mampu memberikan harapan bagi mereka yang sakit secara psikologis.

Saat orang dengan gangguan mental mendengarkan musik jenis ini, mereka bisa membayangkan tempat yang lebih baik untuk diri mereka sendiri. Selain itu, musik ini juga membantu orang-orang ini dalam menentukan masa depan mereka. Bahkan musik ini membuat pikiran mereka lebih stabil alias aman.

Lirik-lirik yang dinamik pada hip hop membantu mereka untuk mewujudkan impian yang paling gila. Lirik-lirik yang gelap seperti narkoba, seks, dan kekerasan mendorong mereka untuk melihat sisi positif dari kejadian tersebut. Itulah mengapa musik jenis ini mampu mengobati beberapa penyakit mental.

Sang peneliti juga mengungkapkan bahwa sang artis mampu memberikan pesan lewat liriknya. Para penulis lirik lagu tidak hanya menceritakan masa gelapnya yang dirasakan. Mereka mengartikan hal tersebut untuk menjadi pribadi yang lebih bebas.

BACA JUGA SOAL MUSIK YANG WAJIB KAMU TAHU:

Mengintip konser rock cerdas ala Captain Jack, menggandeng 8 seniwati

Merayakan kembalinya 'serigala' Jogja bersama para 'koboi kota'

Lingsir Wengi lagu buat manggil kuntilanak? Baca dulu sejarahnya dong!

Mengingat sejarah musik keroncong, dulu ngehits tapi kini dilupakan

Suka mendengarkan musik pakai earphone? Begini cara membersihkannya

Rahasia di balik pemutaran musik di supermarket, bikin betah belanja

10 Fakta tentang musik dangdut yang tak banyak kamu tahu

SOAL GOLONGAN DARAH DAN MUSIK KESUKAAN KAMU:

Ini aliran musik yang paling klik buat kamu bergolongan darah A

Kamu berdarah O, cek aliran musik 'sadis' ini buatmu

Ini 5 genre musik yang cocok didengerin golongan darah AB

Ini aliran musik yang oke punya buat golongan darah B