Brilio.net - Teknologi makin lama makin edan! Smartphone misalnya, banyak dilengkapi dengan aplikasi-aplikasi mutakhir untuk membantu kerja manusia. Untuk membuka kunci tombol misalnya, kalau dulu sudah ada tren membuka kunci dengan sidik jari maupun retina mata, sekarang para ilmuwan sedang mengembangkan teknologi baru yang nantinya akan menggunakan gelombang otak untuk membuka ponsel. WOW!

Seperti dilansir brilio.net dari ubergizmo, Sabtu (22/5), teknologi membuka kunci smartphone dengan gelombang otak ini, saat ini sedang dalam pengembangan oleh Blair Armstrong dan Basque Center on Cognition, Brain and Language di Spanyol. Armstrong melakukan uji coba dengan merekam sinyal otak dari volunteer dengan cara membaca daftar akronim dari sebuah komputer untuk menemukan perbedaan di antara mereka.

Dari penelitian, diketahui hipotesa sementara bahwa gelombang otak setiap orang itu berbeda-beda sehingga mereka bisa diidentifikasikan secara individu dengan tingkat akurasi yang bahkan mencapai 94 persen. Artinya, gelombang otak bisa sja memiliki potensi sebagai pelindung data.

Namun menurut Armstrong, untuk mengaplikasikannya, masih memerlukan penelitian lebih jauh lagi untuk mengetahui manfaat apa saja yang bisa didapatkan. Wah, keren ya? Doakan saja deh, semoga bisa menjadi kenyataan dan bisa kamu gunakan di gadget kesayangan kamu.