Brilio.net - Buat kalian yang lahir antara tahun 80-90an tentu tidak asing dengan nama Wiro Sableng, itu loh muridnya Sinto Gendeng yang terkenal dengan Kapak Maut Naga Geni 212. Wiro Sableng adalah novel karya dari Bastian Tito yang juga merupakan ayah dari aktor Vino G Bastian dan kemudian diangkat ke layar kaca (sinetron). Serial Wiro Sableng berhasil mencapai 2 kali orbit, tepatnya tahun 1989 dan 1994.

Wiro sableng sebagai ksatria pembela kebenaran dan pembasmi kejahatan merupakan karakter yang melekat pada sosok pendekar fiksi yang satu ini. Namun, tentunya nomor 212 lebih familiar mengingat murid Sinto Gendeng itu di dadanya menggunakan rajah nomer tersebut.

Apa sebenarnya makna angka 212 itu? Dalam lagu pembuka serial Wiro Sableng, angka 212 disebutkan memiliki makna bahwa dalam diri manusia terdapat dua unsur yaitu tentang duniawi dan tuhan. Segala yang ada di dunia ini, terdiri atas sebagian, yang berlainan namun merupakan pasangan, semuanya tak dapat terpisahkan.

Dengan angka 212 Wiro Sableng tak terkalahkan. Ini dia 3 senjata ampuh yang menggunakan angka 212.

1. Senjata utama Wiro Sableng
Sebuah kapak besar bermata dua, dengan gagang berupa seruling dan ujung gagang berbentuk kepala naga. Di masing-masing mata kapak terukir angka 212. Di seri pertama Wiro Sableng, "Empat Berewok dari Goa Sanggreng", dikatakan bahwa kapak ini terbuat dari logam dan gading. Mulut ukiran naga dapat menembakkan jarum-jarum beracun, dengan jalan menekan tombol rahasia pada kapak.

2. Batu Hitam 212
Batu hitam seukuran telapak tangan orang dewasa, berukir angka 212. Jika batu hitam ini diadu dengan mata Kapak Maut Naga Geni 212, dapat memercikkan semburan api besar yang sangat panas.

3. Bintang 212
Senjata rahasia berbentuk bintang dengan ukiran angka 212, digunakan dengan cara dilemparkan, seperti senjata "shuriken" milik ninja. Bintang 212 digunakan dalam episode Keris Tumbal Wilayuda dan Rahasia Lukisan Telanjang.

Kombinasi ketiga alat ini membuat Wiro Sableng susah dikalahkan.

 

BACA JUGA:

Siapa sebenarnya ibu dan bapak dari Masha? Ini penjelasannya

7 Alasan kenapa Masha and The Bear layak ditonton

Ternyata sosok Luffy di kartun One Piece sungguh ada di dunia nyata

Ekspresi tokoh kartun ternyata mewakili ekspresi si pembuat

Kamu bisa belajar persoalan hidup dari 8 tokoh kartun terkenal ini