Brilio.net - Stres setiap hari? Artinya kamu harus mengganti makanan kamu sebagai obat dari stres itu sendiri. Jadi, kamu tidak perlu risau apa yang harus kamu lakukan untuk menghalau stres di kepala.

Kamu cukup mencari makanan yang manis untuk meredakan stres. Obat yang enak bukan? Meskipun begitu, pilihlah makanan atau minuman yang sumber manisnya berasal dari gula asli bukan dari pemanis buatan.

Dikutip brilio.net dari Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, Selasa (5/5) makanan yang mengandung gula bisa meningkatkan aktivitas pada bagian otak yang mengatur stres dan ketakutan. Penelitian tersebut merupakan proyek bersama yang melibatkan delapan ahli mulai dari ahli nutrisi, ahli pertanian, dan ahli kedokteran lainnya.

Untuk melakukan riset ini, para peneliti mengundang 19 orang perempuan untuk diamati selama 12 hari. Untuk membedakan bagaimana gula bisa meredakan stres, sang peneliti membagi dalam dua kelompok.

Kelompok pertama terdiri dari delapan orang yang mengkonsumsi menu manis yang berasal dari pemanis buatan (aspartame). Sedangkan, 11 orang lainnya diberi makanan manis yang terbuat dari gula murni dengan kandungan sucrose 25%.

Pembuktian dalam penelitian ini dilakukan melalui pemindaian otak dengan lebih fokus terhadap aktivitas hormon cortisol (hormon stres). Temuan riset ini menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan manis dari gula mempunyai hormon cortisol yang lebih rendah.

Artinya, tingkat stres mereka menurun. Selain itu, aktivitas otak yang bertanggung jawab dengan stres dan tekanan pada kelompok ini juga meningkat. Dalam kata lain, kandungan gula mampu mengontrol stres.

Jadi, kalau kamu stres, kamu langsung pilih aja makanan yang manis-manis. Enak kan?