Brilio.net - Kulit jadi salah satu bagian tubuh yang terlihat pertama kali saat kamu berhadapan dengan semua orang. Keadaan internal tubuh jelas bisa tercermin pada kulit yang kamu miliki. Tapi nggak berarti hanya dengan merawat kulit maka seketika kulitmu akan menjadi indah.

Pola makanan dan jenis makanan yang kamu konsumsi juga harus kamu perhatikan. Jika kamu mengonsumsi makanan yang nggak sehat, tentunya juga akan memberikan dampak yang nggak sehat juga buat kulit.

Terus makanan apa aja yang harus kamu hindari? Nih, daftar makanan yang mungkin bisa membuat kulitmu jadi tampak buruk, seperti yang dilansir brilio.net dari MagForWomen, Rabu (20/5):

1. Makanan olahan
Makanan kalengan memang membuat hidup kamu lebih mudah dan membantu kamu untuk memasak makanan lebih cepat. Tapi, sudah saatnya kamu menyadari bahwa sebagian besar makanan ini mengandung aditif dalam jumlah tinggi dan pengawet yang meningkatkan kadar gula dalam tubuh dan menyebabkan hormon untuk memproduksi lebih banyak minyak, sehingga menyebabkan jerawat. Bahkan makanan yang diawetkan seperti membuat kulit kamu tampak kusam dan tak bernyawa karena kurangnya nutrisi segar di dalamnya.

2. Kafein
Meskipun banyak yang mengatakan bahwa minum kopi di pagi hari membantu mengurangi bengkak di bawah mata dan membuat kamu terlihat dan merasa segar, tapi ternyata mengonsumsi kafein setiap hari nggak baik untuk kulit kamu. Karena terjadi dehidrasi kulit dan menyebabkan kekeringan. Lebih dari itu, bisa membuat kulit kamu tampak sangat membosankan.

3. Gula
Kolagen sangat penting untuk kulit kamu karena dapat mencegah keriput. Akan tetapi, jika kamu mengonsumsi makanan yang manis, gula dapat 'memakan' kolagen tersebut dan akhirnya kulit kamu menjadi terlihat lebih tua dan bisa menyebabkan jerawat. Jadi, kurangi asupan gula jika kamu ingin punya kulit yang bagus. Banyaklah mengonsumsi buah-buahan, jus segar atau air kelapa sebagai penggantinya.

4. Keripik dan makanan ringan kemasan
Garam dan pengawet yang ada di keripik dan makanan ringan yang dikemas bisa menyebabkan retensi air dalam tubuh. Akibatnya nggak hanya akan membuat kamu terlihat kembung dan bengkak, tapi menyebabkan masalah keriput dan jerawat. Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu banyak garam karena nggak sehat untuk dikonsumsi.

5. Makanan cepat saji
Makanan cepat saji seperti pizza dan kentang goreng menumpuk karbohidrat dalam tubuh kamu dan memperlambat metabolisme. Makanan ini nggak hanya menambah berat badan kamu tapi bisa menimbulkan masalah dalam aliran darah dan meningkatkan kadar kolesterol. Kulit kamu jelas nggak akan mendapatkan pasokan darah yang sehat dan karena itu menjadi berminyak, yang menyebabkan berbagai masalah kulit.

Banyak orang yang masih salah paham kalau mereka dapat memperbaiki kulit mereka yang rusak dengan bantuan krim, toner, mencuci wajah dan berbagai jenis produk kecantikan. Tapi sangat penting bagi mereka untuk menyadari bahwa kulit membutuhkan nutrisi dalam bentuk alami, bukan aplikasi luar kosmetik. Semakin kamu meningkatkan kualitas makanan yang kamu konsumsi, semakin baik keadaan kulit kamu. Kamu akan terlihat lebih muda dan lebih indah dengan cara yang lebih natural. Tetap sehat dan tetap cantik nggak harus dengan cara yang mahal kan, girls?