Brilio.net - Kutipan lama menyebutkan kehidupan bergerak cukup cepat, seolah tiada henti, yang membuat kita selalu "berlari". Tak jarang membuat kita stres. Nah, di sinilah meditasi diperlukan. Dengan meditasi akan membawa pikiran dan tubuhmu kembali pada saat sekarang, pada momen yang tengah berlangsung.

Janice L Marturano, pendiri dan direktur eksekutif Institute for Mindful Leadership menyatakan, kita perlu sejenak menikmati kopi secara rutin setiap pagi sebelum memulai beraktivitas. Menikmati di sini bukan semata melibatkan indera pencecap (baca: meminum), melainkan indera lain.

Jadi, bagaimana kopi menjadi sarana meditasi adalah cara kamu untuk menikmati setiap aktivitas sebelum dan saat kamu meminumnya, menggunakan panca inderamu. Berikut dikutip brilio.net dari laman Huffington Post, Sabtu (23/5) cara meditasi dengan kopi.

1. Mulailah bergerak menyeduh kopi dengan air panas, sebagaimana kamu lakukan setiap hari. Tapi, kali ini diiringi dengan tindakan kamu merasakan kakimu menyentuh lantai dan mendengarkan suara yang ada di sekitarmu.

2. Setelah membuat kopi, peganglah gelas berisi kopi itu di tanganmu, perhatikan baunya, rasakan kehangatan yang kamu rasakan di tanganmu.

3. Misal kamu menambahkan gula, rasakan atau dengarkan setiap butiran yang masuk ke dalam cangkir kopi.

4. Saat kamu meminumnya, nikmati sensasi yang bergolak di dalam mulut dan tenggorokanmu.

Nah, guys, kalau kamu terdistraksi saat mencoba fokus menikmati sensasi sebelum meminum kopi ini, itu hal lumrah. Tapi, Marturano menyarankan supaya kamu kembali memusatkan perhatian terhadap aktivitas demi aktivitas dari membuat sampai kopi masuk ke dalam mulut dan meluncur ke perut melalui tenggorokan. Sesedikit apa pun kamu menyempatkan meditasi, hal ini sangat berguna untuk pikiran dan tubuhmu.

"Hal ini memungkinkan tubuh dan pikiran beristirahat, untuk menyadari sepenuhnya terhadap apa yang sesungguhnya terjadi," imbuhnya. "Dengan begitu, kamu bisa melanjutkan kegiatan berikutnya dan membuat pilihan-pilihan tentang sesuatu yang penting secara sadar penuh."

Nah, guys, siap mempraktikkan salah satu cara meditasi mudah ini?