Brilio.net - Kalau kulit kepala sudah mulai gatal-gatal, rambut jadi lepek dan lengket, nah itu berarti kamu mesti buru-buru keramas. Kalau sudah selesai keramas, kepala jadi segar nggak gatal-gatal lagi. Tapi keramasnya jangan terlalu sering ya guys, bisa bikin gendut! Hah, yang bener?

Menurut penelitian terbaru yang dilakukan para dokter dari Mount Sinai Medical Center, New York, seperti dikutip brilio.net dari Daily Mail, Kamis (25/6), bahan kimia yang terkandung dalam sampo ternyata memiliki efek menggemukkan badan. Salah satunya adalah phthalates, bahan kimia ini bisa mengganggu kerja sistem endokrin di dalam tubuh sehingga kudu dihindari sesegera mungkin.

Menurut para peneliti, sistem endokrin ternyata dapat bereaksi terhadap senyawa kimia, sayangnya hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pengendali berat badan. Senyawa seperti ini, yang dikenal dengan nama bisphenol-A bahkan sering ditemukan sebagai salah satu bahan pembuatan wadah makanan, botol plastik, serta botol susu bayi yang tentunya bisa mengganggu sistem endokrim dalam tubuh.

Namun walau zat pengganggu endokrin ini memainkan peran penting dalam obesitas, para peneliti mengungkapkan bahwa dampak yang terlihat baru sebatas permukaan saja, sehingga penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan lagi. Namun untuk mencegah bahaya obesitas akibat bahan kimia yang terkandung dalam sampo, para peneliti menyarankan untuk menggunakan produk pencuci rambut yang tidak menggunakan bahan pewangi serta terbuat dari bahan organik.

BACA JUGA:

Tetap sahabatan dengan lawan jenis saat sudah pacaran, mungkinkah?

5 Resep jitu agar persahabatan kamu bisa langgeng

Berapakah jumlah teman yang seharusnya kamu miliki dalam kehidupan?

5 Jenis teman yang unik ini pasti kamu miliki

Ingin punya banyak teman? Kamu harus lebih sering tersenyum

7 Arti pesan singkat dari teman yang perlu kamu tahu

9 Cara mengetahui kawan kamu beneran teman sejati atau bukan

Jangan sembarangan menyimpan cokelat favoritmu, begini caranya