Brilio.net - Alergi! Kata ini cukup untuk menakut-nakuti orang-orang tertentu. Setiap tahun pada waktu tertentu, keadaan ini bisa menganggu bagi mereka yang mengalaminya. Mungkin kamu akan terbiasa menghadapi beberapa gejala, dan kamu mengetahui kalau alergi akan terjadi pada waktu tertentu dan kemudian pergi dalam beberapa waktu.

Alergi merupakan reaksi sistem imun tubuh yang berlebihan terhadap sesuatu yang masuk ke dalam tubuh, atau sesuatu yang bersentuhan dengan kulit tubuh. Kamu sadar tentang rasa sakit yang harus dilalui saat alergi datang. Kadang-kadang bukan lagi tentang waktu, kamu harus melalui beberapa masalah fisik secara tiba-tiba.

Terlepas dari rasa sakit karena alergi, pernah nggak mencoba untuk mencari tahu mengapa gangguan ini bisa terjadi padamu? Ya, kamu mungkin telah berkonsultasi dengan dokter dan belajar bahwa kamu mengalami alergi terhadap sesuatu. Lalu, mereka akan memintamu untuk menghindari beberapa hal. Tapi ada lebih banyak fakta tentang alergi yang perlu kamu ketahui.

Apa saja jenis alergi yang bisa menyerang manusia dan perlu kamu ketahui? Brilio.net sudah merangkumnya dari Boldsky, Sabtu (11/7). Yuk kita intip satu per satu!

1. Alergi makanan

Kamu pernah alergi? Mungkin itu salah satu dari 6 jenis alergi ini

Salah satu jenis yang paling umum dari alergi yaitu orang-orang menghadapi sepanjang hidupnya atau periode tertentu dari kehidupan mereka. Kacang, kerang, telur dll adalah beberapa makanan yang dapat membawamu pada serangan alergi. Anak-anak dan orang dewasa berisiko mengalami alergi terhadap makanan tersebut.

2. Alergi dingin

Kamu pernah alergi? Mungkin itu salah satu dari 6 jenis alergi ini

Kamu mungkin menyadari tentang beberapa fakta tentang alergi, khususnya tentang alergi dingin. Jenis alergi ini mungkin banyak kamu temui di sekitarmu. Setiap kali kamu makan es krim atau minuman dingin, kamu mulai bersin dan batuk. Ini berarti kamu alergi terhadap dingin dan akibat yang ditimbulkan bisa menyebabkan ruam di permukaan kulit.

3. Alergi obat

Kamu pernah alergi? Mungkin itu salah satu dari 6 jenis alergi ini

Ini adalah salah satu fakta yang paling penting tentang alergi yang perlu kamu ketahui. Ada beberapa obat yang bertanggung jawab untuk alergi ini. Penisilin adalah salah satu alergen. Sulit untuk mengetahui jenis alergi ini sebelumnya, tapi kamu perlu berhati-hati setiap kali mengonsumsi obat.

4. Alergi sperma

Kamu pernah alergi? Mungkin itu salah satu dari 6 jenis alergi ini

Para peneliti mengatakan bahwa selama pria mengalami ejakulasi, wanita dapat dipengaruhi oleh reaksi kekebalan yang dikenal sebagai seminal plasma hypersensitivity. Jadi, alergi ini hanya melanda kaum Hawa aja. Meski jarang ditemukan, wanita yang menderita alergi ini pada bagian alat kelaminnya akan membengkak atau akan biduran.

5. Alergi perhiasan

Kamu pernah alergi? Mungkin itu salah satu dari 6 jenis alergi ini

Alergi juga bisa kamu alami dari perhiasaan yang sering kamu pakai. Misalnya saja perhiasaan yang terbuat dari nikel, yang digunakan dalam perhiasaan imitasi dapat menyebabkan ruam, kemerahan, bengkak dan gatal-gatal. Penggunaan bahan-bahan tersebut dapat membuat kamu jadi alergi seumur hidup terhadap logam.

6. Alergi musiman

Kamu pernah alergi? Mungkin itu salah satu dari 6 jenis alergi ini

Beberapa orang alergi terhadap musim hujan dan beberapa alergi saat musim semi. Jika setiap tahun kamu menghadapi gatal atau batuk dan dingin pada waktu tertentu. Obat-obatan dan tindakan pencegahan dapat membuat alergi ini pergi.

Selain jenis alergi di atas, apakah kamu tahu fakta-fakta tentang alergi? Faktanya, anak-anak dan orang dewasa keduanya bisa alergi terhadap sesuatu. Jika dirawat di usia muda, masalah ini bisa diatasi sepenuhnya. Tapi, kamu harus menjalani pengobatan yang tepat dengan konsultasi dengan dokter sebelumnya.

BACA JUGA:

Perlu nggak sih cuci tangan, meski tangan terlihat bersih

Hindari menyentuh 5 bagian tubuh ini dengan tangan

VIDEO: Bejo banting tulang saban hari demi impian punya tangan palsu

Kuat tidaknya jabatan tangan bisa prediksi resiko serangan jantung

Khasiat hebat seledri, mujarab untuk diet dan bikin tidur nyenyak

Cokelat bisa bikin berat badanmu jadi turun, ayo coba gaya diet ini

Jangan tiru diet ala artis ini, meski Madonna & Mariah Carey melakukan