Brilio.net - Bagi orangtua atau kamu yang punya adik atau sepupu masih berusia sekolah, kalau ingin nilai mereka bagus, jangan biarkan mereka menggunakan ponsel di sekolah atau saat belajar. Seperti dikutip brilio.net dari laman Aol, Sabtu (23/5), membawa ponsel ke sekolah dapat memengaruhi proses belajar.

Sebuah studi oleh London School of Economics, Inggris, melihat kebijakan ponsel di 91 sekolah telah memengaruhi 130.000 siswa, sejak tahun 2001. Kebijakan ini bisa saja tidak disukai para siswa maupun orangtua. Tapi mereka harus kembali merenungkan hasil penelitian yang mengaitkan performa akademik dan penggunaan ponsel.

Setelah adanya larangan penggunaan ponsel di sekolah, hasil tes pada remaja 16 tahun meningkat rasa-rata 6,4%. Kalangan remaja yang kemampuannya di bawah rata-rata menunjukkan nilai tes meningkat sebesar 14%.

Seperti banyak diketahui orang, ponsel dapat menjadi candu banyak orang, termasuk para siswa. Hal ini menjadi gangguan yang sungguh menggoda sekali. Mereka bisa menghabiskan waktu untuk memeriksa berbagai akun jejaring sosial dan instant messenger, dan semua itu bisa mengganggu efektivitas dan efisiensi aktivitas belajar mereka.

Nah, guys, dengan penemuan ini mungkin kamu bisa menghimbau adik atau sepupumu untuk dapat memanfaatkan ponsel dengan bijak, yaitu mengutamakan belajar, daripada terus melulu bermain ponsel.