Brilio.net - Smartphone itu kebutuhan. Makanya banyak orang yang nggak bisa lepas dari benda kecil ini. Bahkan untuk ngecharge pun nggak boleh jauh-jauh, siapa tahu saja kan si pacar BBM, bisa langsung dibalaes dong, nggak perlu lagi 'perang dunia'. Sering kayak gini? Wah, bahaya tuh! Berada dekat dengan HP yang sedang diisi dayanya ternyata bikin kita lebih cepat gemuk lho!

Dilansir brilio.net dari Daily Mail, Sabtu (23/5), hal ini disebabkan karena cahaya biru yang muncul dari layar smartphone dapat mengganggu produksi hormon melatonin dalam tubuh.

Hormon melatonin yang sehat diketahui dapat menciptakan pola tidur yang teratur. Jika produksinya terganggu, siklus tidur pun menjadi tidak teraktur sehingga dapat mengakibatkan proses pengolahan makanan juga menjadi tak beraturan.

Menurut Simon Kyle, sang dokter sekaligus peneliti, cayaha berwarna biru yang dipancarkan dari layar laptop maupun smarphone dapat merusak pola tidur dan juga sistem metabolisme tubuh. Sehingga ketika kita mengisi daya smartphone dekat dengan kita, apalagi saat tidur di malam hari, ternyata bisa meningkatkan tingkat kelaparan. Sehingga disarankan tidak untuk menggunakan ponsel, tablet, atau bahkan laptop di malam hari, serta menjauhkannya dari jangkauanmu ketika sedang diisi dayanya. Tuh, dengerin. Kesehatanmu, lho!