Brilio.net - Hidup memang lebih bewarna jika kamu memiliki banyak teman. Semakin banyak dan beragam teman kamu, hidupmu semakin menarik. Akan tetapi, tidak mudah memang untuk menjalin pertemanan dengan orang baru. Apalagi, bagi si pemalu.

Jika kamu merasa kesulitan untuk berteman dengan orang baru, kuncinya adalah tersenyum. Berdasarkan penelitian, senyuman merupakan langkah yang efektif untuk membangun jalinan pertemanan dikutip oleh brilio.net dari Springer Science and Business Media, Sabtu (30/5). Riset ini dilakukan oleh Belinda Campos dari Universitas California.

Belinda menjelaskan bahwa senyuman bisa mempengaruhi orang lain agar menjadi teman kamu. Akan tetapi, senyuman kamu harus tulus tidak fake alias pura-pura. Senyuman yang membuat orang lain ingin menjadi temanmu adalah Duchene smile. Senyuman ini melibatkan gerakan dua otot wajah pada sekitar mata dan pipi. Terlebih lagi, Duchene smile ini dihasilkan saat kamu memang sedang merasa bahagia.

Dalam penjelasannya lebih lanjut, Belinda mengatakan bahwa senyuman berjenis Duchene smile memberikan efek emosi prositif bagi penerimanya. Selain itu, senyuman juga membantu orang lain untuk merasa aman dan percaya. Bahkan dengan bersenyum, orang lain tidak merasa takut dengan kamu. Itulah mengapa, senyuman merupakan cara gampang untuk menemukan teman baru.

Sudahkah kamu tersenyum hari ini?