Brilio.net - Emoticon di dunia maya tak hanya membuat chatting ataupun komunikasi semakin berwarna. Pemakaian emoticon ternyata bisa mempengaruhi kondisi psikologi seseorang saat menerima pesan tersebut. Bahkan efeknya cenderung positif dibandingkan dengan pesan yang hanya berisi teks saja. Banyak sekali penelitian tentang efek positif emoticon yang telah dilakukan oleh para ahli, sebagaimana dikutip oleh brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (10/7).

Sebuah riset yang diterbitkan di jurnal Social Neuroscience mengungkapkan bahwa saat otak membaca emoticon, maka efeknya sama saat seseorang berkomunikasi secara face to face. Studi ini melibatkan 28 peserta dengan perbedaan stimulus seperti gambar, emoticon, dan tanda baca.

Yang lebih mengejutkan adalah penggunaan emoticon membuat seseorang disukai oleh penerima pesan. Riset tentang ini telah dilakukan pada tahun 2007 kemudian diterbitkan dalam International Journal of Business Communication. Sang peneliti, Krsitin Byron melibatkan 300 mahasiswa untuk menerima email dari orang yang tidak dikenal. Kondisi emosi mereka juga dianalisis setelah menerima email tersebut.

Temuan riset tersebut menunjukkan bahwa pengirim yang menggunakan emoticon ternyata disukai oleh para responden. Hal ini sangat berbeda dengan email yang hanya berisi huruf saja. Selain itu, emoticon juga bisa memberikan psikologi yang stabil bagi penerima pesan.

Studi lain juga mengungkap bahwa emoticon bisa mempengaruhi kondisi emosi seseorang. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2008 yang diterbitkan pada jurnal Information & Management. Dalam rise tersebut dijelaskan bahwa emoticon mempermudah seseorang dalam berekspresi.

 

BACA JUGA:

Unik, di Jepang ada kuil khusus untuk mendoakan gadget

Mahasiswa ini ciptakan charger smartphone tanpa kabel, hebat betul!

Hebatnya 3 anak muda ini, dalam 2 jam jadikan helm sebagai charger HP

Tinggalkan gadgetmu, ada baiknya kamu mulai coba nulis diary lagi

Posisi pemakaian gadget seperti ini membahayakan tubuh

Pakai banyak gadget bisa bikin kemampuan otakmu cepat menurun

5 Efek membahayakan buat kamu yang sudah kecanduan gadget