Brilio.net - Tanpa disadari hubungan asmara memang memberikan efek terhadap kondisi psikologis. Hal ini terjadi karena memang setiap dari kita membutuhkan cinta. Tapi tahukah kamu bahwa menjalin hubungan asmara bisa stabilkan kejiawaanmu?

Berbagai penelitian dari universitas di Jerman menyebutkan bahwa menjalin hubungan asmara bisa memberikan efek yang positif terhadap perkembangan kepribadian pada orang dewasa, sebagaimana dikutip brilio.net dari Journal of Personality, Sabtu (1/8). Salah satunya adalah merasa lebih tenang dan stabil dalam pemikiran. Selain itu, menjalin hubungan asmara juga bisa mengurangi rasa mudah tersinggung dan khawatir.

Penelitian ini melibatkan 245 pasangan dengan rentang umur mulai dari 18 hingga 30 tahun. Butuh waktu 9 bulan untuk melakukan riset ini. Setiap pasangan diinterview seputar hubungan asmaranya dan juga dianalisis kondisi piskologisnya setiap 3 bulan sekali. Kemudian, mereka juga diberikan kuesioner untuk diisi.

Penelitian ini dilakukan terhadap orang-orang yang mengalami neurotic tendencies. Mereka adalah orang yang mudah khawatir, tidak nyaman, dan mudah tersinggung atau terganggu. Selain itu, orang seperti ini juga memiliki harga diri yang rendah.

Temuan riset tersebut mengungkap bahwa memiliki hubugan asmara ternyata mampu mengubah kepribadian seseorang, baik secara langsung maupun tidak langsung. Salah satunya adalah dukungan dari pasangan. Orang yang mendapatkan dukungan dari kekasihnya ternyata mengalami perubahan dalam hal berpikir.

Kesimpulan yang mengejutkan dari penelitian ini adalah menjalin hubungan asmara ternyata membantu kita dalam menghadapi kehidupan dengan lebih percaya diri dan lebih optimis. Hal ini tidak hanya berlaku bagi orang neurotic tendencies tetapi juga bagi mereka yang mengalami depresi.