Brilio.net - Persoalan hati memang sangat susah untuk ditebak. Kadang, suasana hati bisa saja bahagia tetapi bisa runtuh karena persoalan kecil. Selain itu, kondisi hati juga sangat dipengaruhi oleh orang yang kita temui.

Jadi, jika kondisi hati kamu sangat sensitif dengan orang yang kamu sering temui, lebih baik pilih-pilih orang yang kamu temui. Hal ini untuk menghindari perasaan sakit hati.

Berikut adalah lima tipe orang yang bisa kamu membuat kamu sakit hati dikutip oleh brilio.net dari Pscyhology Today, Selasa (5/5).

1. Orang yang ngomong tanpa mikir

Anggap saja kamu sedang membicarakan hal yang serius. Tiba-tiba teman kamu menganggap semua kata-kata kamu guyonan. Apa yang akan kamu lakukan?

Loading...

Bahkan dia juga tidak mengucapkan minta maaf yang sopan. Jangan sampai kamu curhat dengan orang seperti ini untuk masalah yang memang sangat penting dalam hidup kamu.

2. Orang yang tidak mengerti keinginan kamu

Memahami keinginan orang lain memang sangat sulit dilakukan dalam hidup ini. Akan tetapi, kamu bisa mengantisipasinya dengan mengutarakan maksud kamu.

Jika memang teman kamu gagal memahaminya, inilah yang memperparah keadaan. Daripada kamu semakin emosi dengan orang seperit ini lebih baik dihindari agar tidak semakin makan ati.

3. Orang yang suka menghakimi

Kamu pasti sudah sering bertemu dengan orang bertipe seperti ini. Dia tiba-tiba berkomentar yang buruk tanpa mengetahui alasan yang menyertainya.

Lebih buruknya lagi, dia tidak mau menerima dan tidak memercayai alasan yang sudah kamu jelaskan mengapa kamu melakukan sesuatu hal.

4. Orang yang hanya mendengar tetapi tidak memahami

Saat kamu curhat dengan orang yang seperti ini, bisa jadi kamu sangat merasa nyaman. Dia seakan-akan memahami dengan baik permasalahan kamu. Padahal dia hanya melakukannya karena tidak merasa enak hati.

Ekspresi dari orang ini memang sangat menyakinkan. Akan tetapi mereka melakukannya hanya sekedar ‘formalitas’ tidak untuk memahami akar permasalahan.

5. Orang yang selalu kekeuh dengan pemikirannya

Akan makan waktu yang lama untuk berdiskusi orang seperti ini. Bahkan kamu juga harus menguras energi untuk memberikan pandangan yang masuk akal kepadanya.

Selain itu, orang seperti ini selalu menganggap benar apa yang dia pikirkan. Biasanya, disertai dengan tidak ingin mendengarkan pendapat orang lain.