Brilio.net - Tangan merupakan salah satu organ vital dalam tubuh kita. Keberadaan tangan sangat mempermudah aktivitas gerak kita. Akan tetapi, tangan juga sangat besarr pengaruhnya dalam penyebaran bakteri. Meskipun sudah mencucinya dengan bersih, tangan tetap saja tangan bisa terkontaminasi oleh bakteri dari lingkungan sekitar. Itulah kenapa tangan tidak boleh sembarangan dalam menyentuh organ lain.

Dikutip brilio.net dari Mens Health, Selasa (9/6), berikut adalah lima bagian tubuh yang seharusnya jangan disentuh oleh tangan.

1. Lubang telinga
Saat telingamu gatal, hindarilah menggosok telinga dengan tangan. Berdasarkan penuturan ahli dari Keck School of Medicine, gosokan jari dengan bisa merusak lapisan tipis di telinga. Hal ini bisa berbahaya karena tangan mengandung jumlah bakteri yang begitu banyak.

2. Wajah
Bolehlah kamu mencuci muka dengan tangan menggunakan sabun, tetapi jangan terlalu sering memegang muka dengan tangan. Hal ini bisa mengakibatkan pori-pori menyerap minyak yang terkandung di tangan. Selain itu, sering mengusap wajah dengan tangan juga menyebabkan kotoran menyebar di area wajah.

3. Pantat
Menyentuh pantat bisa kamu lakukan saat kamu selesai membuang air besar. Selebihnya jangan. Berdasarkan seorang ahli klinik dari Harborview Medical Center, anus mengangung bakteri yang begitu berbahaya. Jadi jangan mencoba untuk menyentuhnya.

4. Mata
Matamu bisa terinfeksi jika terlalu sering disentuh dengan tangan. Selain itu, menggosok mata dengan tangan juga bisa menyebarkan kuman di area mata. Jika kamu tidak nyaman dengan contact lens yang kamu pakai, sebaiknya kamu harus berkonsultasi dengan dokter.

5. Mulut
Berdasarkan penelitian dari Journal of Applied Microbiology, seperempat penyebaran kuman disebabkan oleh masuknya jari tangan ke dalam mulut. Berdasarkan survei, rata-rata orang menyentuh mulut 6,3 kali meski dalam keadaan sibuk.

BACA JUGA:

Cermati ubanmu, bisa jadi itu adalah gejala kanker, hati-hati!

Yuk hidup sehat, mulai batasi konsumsi garam biar nggak hipertensi

Ladies, kurang vitamin D ternyata bisa bikin kamu mudah depresi lho

Olahraga 15 menit bisa bikin kamu hidup 3 tahun lebih lama