Brilio.net - Di pasaran banyak beredar krim-krim produk kecantikan yang diklaim memiliki banyak manfaat untuk mencegah penuaan dini. Tapi hasil optimal nggak bisa begitu saja kamu dapatkan kalau kamu masih tetap melakukan kebiasaan buruk untuk kecantikan kulit. Bahkan posisi tidur yang nggak benar, bisa membuat wajahmu mengeriput, lho. Waduh!

Tidur delapan jam setiap harinya memang kiat cantik yang selalu disarankan oleh pakar kecantikan untuk memperoleh kulit yang segar dan bercahaya. Tapi selain durasi tidur, ternyata posisi tidur juga mempengaruhi kualitas kulit wajah kamu lho.

Menurut Jesleen Ahluwalia, fisioterapi dari Spring Street Dermatology di New York City, keriput di wajah bisa disebabkan oleh posisi tidur yang salah dan dilakukan secara terus-menerus.

Jika kamu selalu tertidur dengan berbaring ke samping kiri, maka wajahmu akan lebih cepat keriput di bagian kiri, begitu juga sebaliknya. Hal ini menyebabkan kulit menjadi tertekan sehinga timbullah garis-garis halus.

Elizabeth Tanzi, seorang dokter kulit asal Washington DC malah merekomendasikan posisi terlentang dengan wajah menghadap ke atas sebagai posisi tidur yang baik. Sebab, dengan posisi ini kulit tak akan tertarik maupun tertekan.

Tanzi juga menambahkan untuk menggunakan tambahan bantal di bawah kepala ketika ingin tidur. Sebab tidur dengan kepala yang terlalu sejajar dengan permukaan kasur, akan menyebabkan cairan mata berkumpul. "Itulah yang pada akhirnya menyebabkan mata membengkak ketika bangun tidur," kata Tanzi seperti dikutip brilio.net dari National Geographic, Rabu (25/3).