Brilio.net - Penat dengan segala aktivitas kuliah dan pekerjaan? Tidak ada salahnya kamu luangkan akhir pekan untuk mengunjungi wisata alam yang terletak kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

Grojogan Sewu Kulonprogo, begitu orang mengenal sebuah obyek wisata air tejun ini. Sebuah wahana wisata baru yang tepatnya terletak di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo, DI Yogyakarta.

Dinamakan Grojogan (air terjun) Sewu karena banyaknya aliran air yang melewati jeram dan jatuh langsung ke sungai. Airnya yang jernih, meski pada musim hujan, membuat air terjun ini banyak diminati wisatawan. Selain itu, pohon-pohon rindang dari hutan sekitarnya membuat lokasi ini tetap teduh dan sejuk.

Grojogan Sewu, kesejukan & kesegaran alami di balik perbukitan Menoreh

Grojogan Sewu, kesejukan & kesegaran alami di balik perbukitan Menoreh

Loading...

Walaupun masih sederhana, namun fasilitas di sana sudah cukup lengkap. Untuk biaya masuknya hanya dikenakan Rp 2.000. Di sana kamu juga bisa mencicipi makanan khas yaitu dawet sambel.

Sesampainya di lokasi, kendaraan bisa diparkir di rumah penduduk (tentunya dengan minta izin dahulu) dan untuk mencapai Grojogan Sewu harus berjalan melewati jalan turunan sekitar 15 menit. Medan yang dilewati tidak berat karena sudah dibuat anak tangga oleh warga sekitar hingga menuju lokasi.

Dari sinilah rasa lelah perjalanan dan bayangan sebelumnya terobati oleh pemandangan jernih airnya. Membuat ingin segera bermain air di kolam alami untuk hanya sekedar bermain air atau bisa digunakan untuk mandi menjadikan banyak pilihan untuk melepas lelah.

Jika kamu hendak ke sana, rute ini bisa jadi petujuk untuk kamu lalui: Jogja-Jalan Godean-Pasar Godean-Gedongan-Sungai Progo-Kenteng-Jalan Goa Kiskendo dan ikuti papan petunjuk.