Brilio.net - Pemahaman akan kepribadian seseorang merupakan jalan pembuka sebuah hubungan. Lewat karakterlah, temanmu bisa menjalin persahabatan denganmu hingga saat ini. Tapi bagaimana jika kenyataannya Facebook lebih memahami karaktermu dibandingkan dengan teman dekatmu sendiri? Kedengarannya klise, tetapi studi yang dilakukan oleh Universitas Cambridge dan Standford mengatakan hal demikian, seperti dikutip oleh brilio.net dari Time, Minggu (14/6).

Untuk membuktikannya, para peneliti melibatkan 85.000 orang sebagai responden. Dalam hal ini, peneliti mencoba menilai kepribadian orang melalui status, fanpage, dan hobi yang di-like oleh mereka dalam akun jejaring sosial. Sebagai pembandingnya, semua responden juga telah dinilai wataknya oleh keluarga dan teman dekatnya.

Ternyata Facebook lebih tepat dalam menilai kepribadian seseorang. Sebagai contohnya, orang suka ngelike postingan terkait dengan menari dan cenderung ekstrovert. Berbeda lagi dengan orang-orang yang menyukai fanpage meditasi dan TED Talks, mereka cenderung terbukta tapi tidak terlalu ekstrovert.

Bahkan dalam temuan tersebut ditunjukkan bahwa penilaian seseorang bisa ditentukan 10 hal yang di-like dalam Facebook. Kedengarannya menyedihkan bukan?

Kalau kamu lebih punya banyak temen di Facebook atau di kehidupan sesungguhnya?

BERITA TERKAIT:

15 Gambar ini hanya bisa dipahami para generasi pecandu media sosial

10 Hal yang seharusnya tak perlu kamu unggah di media sosial

Anak-anak boleh main smartphone, tapi harus unduh aplikasi budaya ini!

Main smartphone sambil nonton TV sama bahayanya dengan pakai narkoba

VIDEO: Refleksi perbedaan hidup bergantung smartphone dan yang tidak

Kisah CEO Facebook, rutin menyapa karyawan termasuk yang magang

Catatan bunuh diri seorang dokter di Facebook membuat gempar

5 Alasan penting kenapa kamu harus tutup akun Facebook sekarang juga

10 Perusahaan terbaik untuk magang, Facebook masih juaranya