Brilio.net - Rak buku menjadi salah satu perabotan yang harus dimiliki oleh seorang yang hobi membaca buku. Apakah kamu salah satunya? Kamu pasti membutuhkan rak buku untuk mengatur koleksi buku-buku yang kamu miliki. Ya kan?

Terkadang ruangan yang tidak terlalu luas di dalam rumah menjadi penghalang untuk memilih model rak buku yang sesuai. Apalagi kalau kamu termasuk orang yang memperhatikan estetika interior ruangan rumah. Tentu kamu perlu mengatur rak buku agar terlihat menarik dan cocok dengan suasana rumah.

Berikut ini cara untuk membuat rak buku yang bisa kamu buat sendiri dengan mudah:

1. Siapin dan gunain alat-alat sederhana yang ada di rumah
Cukup ambil obeng dan pembatas buku besi yang bisa kamu beli di toko-toko buku atau kamu juga bisa memakai besi bekas yang berbentuk L. Setelah itu buat lubang di dinding dan besi menggunakan paku dengan ukuran yang sesuai.

2. Pilih buku yang hardcover sebagai dasar buku
Pilih buku yang sesuai dengan ukuran besi dan pastikan bisa menjadi penumpu buku-buku yang lain. Buka bagian sampul belakang lalu rekatkan dengan menggunakan lem perekat. Tunggu sampai benar-benar kering.

3. Coba untuk menumpuk buku
Ambil buku yang akan kamu tumpuk di atasnya. Coba menaruh buku satu demi satu untuk memastikan buku yang kamu pilih sebagai dasar rak buku benar-benar kuat.

4. Rak buku siap digunakan
Kamu tinggal melakukan pengaturan buku-buku yang akan kamu susun bertingkat. Kamu bisa menyusunnya sesuai kategori buku atau warna agar terlihat menarik.

Meski terlihat sederhana, rak ini bisa memberikan efek yang luar biasa unik. Buku-buku yang ditumpuk di atas rak buku ini akan terlihat seperti ‘melayang’ di dinding. Memang tampak terlihat keren dan tentunya dengan sedikit trik khusus. Selamat mencoba!