Brilio.net - Tidak hanya putus cinta saja yang menjadikan kamu berurai air mata. Akan tetapi, kamu bisa dibuat menangis gara-gara bawang merah. Saat kamu memotong sayuran jenis ini, biasanya kamu akan mengeluarkan air mata.

Peneliti House Foods, perusahaan asal Jepang, menemukan proses biokimia yang menyebabkan bawang merah bisa membuat orang menangis. Lewat penelitian tersebut, mereka mendapatkan pengharga Ig Nobel Prize dalam bidang kimia di tahun 2013.

Setelah menemukan penyebabnya, para peneliti juga mencoba untuk membuat bawang merah yang tidak menyebabkan keluar air mata saat dipotong. Dikutip oleh birlio.net dari Wall Street Journal, House Foods telah berhasil membuktikan temuan tersebut. Para peneliti menguji bawang merah tersebut kepada 20 pegawainya. Para tester ini mengkonfirmasi bahwa bawang merah tersebut tak lagi terasa pedas. Lebih lagi, bawang merah ini menghadirkan senyuman ketimbang air mata.

Penemuan ini diawali dengan mengurangi tingkat kepedasan bawang merah. Bau itulah yang menjadi pangkal kenapa orang mengeluarkan air mata saat mengirisnya. Caranya adalah dengan menggunkan iridiasi sinar berat untuk melembahkan enzim pedas pada bawang merah. Leat iridiasi itulah, seyawa dalam bawang merah bisa robek.

Sayangnya, pihak House Foods sendiri belum ada keinginan untuk memasarkan bawang merah jenis.