Brilio.net - Sebuah perusahaan pembuat cokelat bernama To'ak di Ekuador mengklaim bahwa produk cokelat buatan mereka memiliki kualitas terjamin dan pantas dibanderol dengan harga selangit, yaitu 169 per batang, atau setara dengan Rp 3.380.000. Wow!

Menurut perusahaan tersebut, produk cokelat yang mereka produksi berasal dari pohon kokoa terbaik yang ditanam oleh 14 petani pilihan di sepanjang pantai Ekuador. Mereka juga menyebut untuk membuat satu batang cokelat saja yang memiliki berat 1,5 ons, diperlukan 36 langkah pemrosesan. Inilah yang menyebabkan harga cokelat tersebut menjadi mahal.

"Kami membuat cokelat dengan metode yang hampir sama seperti pembuatan anggur terbaik dan wiski premium," klaim co-founder To'ak, Jerry Toth seperti dikutip brilio.net dari mirror.co.uk, Senin (16/3).

Cara mengkonsumsi cokelat ini juga terbilang unik. Untuk dapat merasakan aroma khasnya, cokelat harus dimakan menggunakan penjepit kayu.

Meskipun terdapat cokelat lain di luar sana dengan label harga yang lebih tinggi, To'ak mengklaim bahwa cokelat mereka adalah cokelat murni paling mahal di dunia.

"Ini adalah dark chocolate murni yang paling mahal di dunia tanpa bahan tambahan seperti emas atau berlian di dalamnya untuk meningkatkan harga jualnya," kata Carl Schweizer, co-founder To'ak.