Brilio.net - Ngomongin tentang kopi nggak ada habisnya. Bahkan dengan kopi, orang bisa jadi lebih kreatif, lho. Termasuk dalam hal pemeliharaan lingkungan hidup. Salah satunya dari Truth Coffee, sebuah kedai kopi di Cape Town, Afrika Selatan. Supaya orang jadi lebih peduli lingkungan, setiap orang yang membeli kopi akan diberikan bibit tanaman secara gratis.

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (8/4), Truth Coffee bekerja sama dengan Native, sebuah perusahaan digital agency di Afrika membuat proyek yang dinamakan Seeds of Truth. Nah, dalam proyek ini, setiap orang yang membeli kopi, akan diberikan secara gratis bibit-bibit tanaman. Dimana tanamnya? Ya di gelas kertas bekas kopi yang kamu beli, dong!

Hal ini dibuat berdasarkan kenyataan bahwa setiap orang pasti suka dan akan membeli kopi. Kalau satu orang pesan satu gelas kopi setiap hari, bayangin saja deh, berapa ton sampah yang dihasilkan dari gelas-gelas itu? Berapa meter hutan juga yang mesti dibabat untuk bikin gelas-gelas itu? Belum lagi, sammpah yang nggak terurai itu bisa bikin pencemaran pada lapisan udara karena gas karbon yang dihasilkan.

Nah, supaya sampah nggak menumpuk dibuatlah proyek Seeds of Truth ini. Caranya, setelah minum kopi, mereka tinggal merobek kertas pelindung gelas, terus dimasukkan ke dalamnya. Tambahin tanah, air, masukkan bibit, sedikit kesabaran, voilla..., tumbuh deh tanaman baru!

Gelas ini juga bisa ikut ditanam di kebun lho, karena lama kelamaan gelas pun akan hancur seiring pembusukan di dalam tanah. Wah, keren juga nih idenya. Indonesia kapan ya bikin yang seperti ini?