Brilio.net - Berbagi kamar mandi atau menggunakan kamar mandi secara bergantian dengan anggota keluarga lainnya adalah hal yang wajar, dan sering banget ditemui, terutama bagi mereka yang memiliki luas rumah yang tidak terlalu besar. Kelihatannya sepele sih, tapi kebiasan menggunakan kamar mandi seperti ini justru bisa menimbulkan risiko buruk terhadap kesehatanmu, lho!

Dilansir brilio.net dari FoxNews, Selasa (16/6), para peneliti dari Universitas Quinnipiac di Hamden, Connecticut, Amerika, mengungkapkan bahwa penggunaaan kamar mandi secara bersama-sama berisiko membuat sikat gigi terkontaminasi tinja atau kotoran dari orang lain yang mengandung bakteri, virus, atau parasit yang bukan berasal dari tubuhmu sendiri.

Menurut Lauren Aber, sang penulis studi, peluang sikat gigi untuk terkontaminasi tinja ketika menggunakan kamar mandi secara bersama-sama bahkan sampai dengan 60 persen, dengan peluang terkontaminasi kotoran orang lain mencapai lebih dari 80 persen, lho! Kenapa bisa begitu?

Masih menurut Aber, sikat gigi bisa terkontaminasi kotoran disebabkan karena kebiasaan menyimpan sikat gigi secara terbuka tanpa penutup, sehingga memicu mikroorganisme yang berasal dari toilet menyebar menghinggapi sikat gigimu. Nah, jika kamu menggunakan sikat gigi yang sudah terkontaminasi, wah siap-siap saja mengalami masalah pada kesehatanmu di kemudian hari.

Penelitian ini sendiri dilakukan dengan meneliti kamar mandi komunal yang digunakan mahasiswa, serta mempelajari hal-hal apa saja yang ditimbulkan akibat penggunakaan kamar mandi secara bersama-sama oleh para mahasiswa tersebut.

BACA JUGA:

Perlu nggak sih cuci tangan, meski tangan terlihat bersih

Hindari menyentuh 5 bagian tubuh ini dengan tangan

VIDEO: Bejo banting tulang saban hari demi impian punya tangan palsu

Kuat tidaknya jabatan tangan bisa prediksi resiko serangan jantung

7 Sifat generasi millenial ketika menanggapi pernikahan

4 Tradisi pernikahan unik di Indonesia, kawin colong sampai kawin culi

BACA JUGA:

8 Hal yang perlu kamu tahu tentang pasta gigi dan cara pemakaiannya

Ini semut terganas dunia, gigitannya bisa bunuh orang dalam 15 menit

Gigi tanggal pada orang dewasa pertanda mulai pikun

Malas sikat gigi bisa bikin kamu terkena serangan jantung, waduh!

5 Kebiasaan ini ternyata membahayakan gigimu

Bawang putih manjur usir sakit gigi, begini cara memakainya

Ini dia 5 cara ampuh alami memutihkan gigi

Atasi liur saat pemeriksaan gigi, mahasiswa ini bikin alat praktisnya

Mahasiswa UGM ubah cangkang telur ayam jadi pencegah kerak gigi