Brilio.net - Kamu cewek, kalau sedang telepon dengan cowokmu merasakah suaranya terdengar lembut? Hal ini ternyata tak dilakukan cowok kala menelepon sesama cowok, lho.

Seperti yang dilansir brilio.net dari menshealth, Jumat (6/11),  David Puts, profesor antropologi dari Penn State University, Amerika Serikat, hal tersebut merupakan respons evolusioner untuk cowok  Mereka akan terdengar lebih kalem berbicara ketika berbicara dengan lawan jenis. Selain itu, respons cowok seperti itu menunjukkan kelembutan, kepercayaan, dan kurangnya agresivitas.

Nah, namun saat cowok sedang ingin merasa dominan secara fisik melebihi cowok lain, dia akan merendahkan suaranya. Ibaratnya seperti binatang yang mengembangkan bulunya saat bertarung dengan lawan yang lebih besar dan mengancam. Kamu sadari atau tidak, cowokmu akan melakukan hal itu ketika ada cowok lain yang tertangkap sinyal sedang mendekati kamu.

Namun begitu, beberapa cowok mungkin memang bergantian bernada suara tinggi atau rendah ketika berbicara dengan seorang cewek. Menurut studi Kolombia, Amerika Selatan, yang menganalisis suara cowok ketika berbicara dengan cewek memesona. Jika nada suaranya rendah, maka si cowok ingin menunjukkan maskulintas. Sedang jika bernada tinggi, dia ingin menunjukkan penghargaan atau kesopanan.

Juan David Leongómez, penulis studi terkait sekaligus psikolog Columbia’s Universidad El Bosque dan Universidad de La Sabana, Kolombia menegaskan bahwa berbagai vokal baik rendah maupun tinggi lebih menarik daripada bernada datar. Sehingga membuat cewek lebih tertarik.

Hmmm... bagaimana pendapatmu, cewek? Setuju sama hasil penelitian di atas?