Brilio.net - Tren batu akik sepertinya belum surut, bahkan penjualannya juga menukik tajam di luar negeri. Khususnya batu safir biru yang menjadi sangat istimewa karena pernah dipakai Kate Middleton untuk cincin pertunangannya. Nah, baru-baru ini dunia digegerkan dengan penemuan batu safir biru yang katanya terbesar di dunia. Wah, sebesar apa memangnya?

Dikutip brilio.net dari CNN, Rabu (6/1), batu ini ditemukan Agustus 2015 lalu di Ratnapura, Sri Lanka. Beratnya sendiri mencapai 1,404.49 karat. Gemologist dari Colombo, Sri Lanka memperkirakan bahwa harga batu ini ditaksir bisa mencapai Rp 1,3 triliun hingga Rp 20 triliun. Wow!

BACA JUGA: Dulu mahal diburu, kini 15 jenis akik ini diobral pun tak laris

Yang membuat istimewa selain beratnya adalah batu ini bisa mengeluarkan refleksi berbentuk bintang berujung enam yang muncul di permukaan ketika dipoles. Sementara itu, pemiliknya sekarang enggan membeberkan berapa harga yang harus ditebus ketika ada orang yang ingin membeli batu itu.

"Saat saya melihatnya, tanpa sadar saya langsung memutuskan untuk membelinya. Saya menduga bahwa itu mungkin merupakan batu safir biru terbesar di dunia. Jadi saya mengambil risiko untuk membelinya," ujar sang pemilik.

Batu akik ini diklaim milik Nabi Adam, harganya mencapai Rp 20 triliun

Menurut mitos yang berkembang di kalangan masyarakat Sri Lanka, batu itu disebut juga "The Star of Adam". Konon katanya, batu itu pernah dibawa langsung oleh Nabi Adam ketika dia diusir dari surga oleh Allah. Wah, sampai segitunya juga ya?

Kamu tertarik memilikinya juga nggak?