Brilio.net - Ngeri sekali jika sebuah posisi tidur bisa menyebabkan kematian secara mendadak. Sebuah studi mengungkap bahwa tidur dengan posisi tengkurap ternyata bisa menyebabkan meninggal dunia secara mendadak sebagaimana dikutip oleh brilio.net dari Science Daily, Minggu (16/8).

Akan tetapi hal ini hanya berlaku bagi mereka yang mempunyai riwayat epilepsi. Jika kamu baik-baik saja, hal ini tidak akan terjadi.

Studi ini dilakukan oleh James Tao dari University of Chicago di Illinois. James ternyata anggota dari salah satu ahli dari American Academy of Neurology. Dalam penelitiannya, dia menemukan bahwa 73% orang epilepsi mengalami kematian mendadak dalam posisi tidur tengkurap. Sedangkan 27% lainnya meninggal dalam posisi tidur yang lain. Hasil tersebut didapatkan dari 25 studi yang menunjukkan 253 kasus kematian mendadak.

Dalam penelitiannya juga disebutkan bahwa orang yang menderita epilepsi di bawah 40 tahun ternyata lebih riskan mengalami kasus kematian mendadak dengan posisi tidur tengkurap. Bahkan risikonya mampu mencapai empat kali lipat. Meskipun begitu, James belum menemukan jawaban mengapa kasus ini lebih sering terjadi pada anak muda.

Dalam kasus penelitiannya, 11 orang meninggal secara mendadak ketika dimonitor dan direkam dengan video SEE saat para responden sedang tidur. James mengungkap bahwa temuan dari risetnya bisa digunakan untuk mencegah kasus tersebut khususnya pada orang yang menderita epilepsi.