Brilio.net - Semua orang suka hujan. Yang galau selalu mikir hujan bisa menyembunyikan air matanya. Ada juga yang bilang kalau hujan itu enak banget baunya. Kayak bau bunga, daun-daunan, tanah, bikin mood jadi baik lagi. Tapi kamu tahu nggak sih, apa yang bikin hujan jadi punya aroma?

Seperti dikutip brilio.net dari Lifescience.com, Minggu (26/4), sebenarnya ada beberapa hal yang bisa bikin hujan jadi berbau, salah satunya karena uap minyak yang dikeluarkan oleh tanaman, bakteri, atau bahan-bahan kimia. Aroma hujan ini nggak selalu enak, lho.

Aroma yang disebabkan oleh asam pada atmosfer justru menyebabkan wangi yang nggak enak. Asam pada atmosfer biasanya disebabkan oleh bahan kimia hasil polusi udara.

Sedangkan bakteri yang bisa menyebabkan aroma hujan adalah Actinomycetes. Bakteri yang bentuknya berserabut ini hidupnya di tanah yang lembab dan hangat. Ketika tanah mengering, bakteri ini akan menghasilkan spora. Lalu ketika hujan turun, air yang menetes ke atas tanah ini pada akhirnya akan membuat spora terangkat ke udara. Spora inilah yang bikin hujan jadi memiliki aroma. Aroma spora ini akan sangat terasa ketika hujan turun saat kondisi terik.