Brilio.net - Banyak hal di dunia ini yang memang belum diketahui dengan jelas oleh manusia. Salah satunya adalah tentang warna. Masih ada perdebatan apakah hitam dan putih itu termasuk warna atau bukan. Untuk menjawabnya, ada beberapa teori yang bisa digunakan, dikutip oleh brilio.net dari colormatters.com, Minggu (29/3).

Berdasarkan teori warna sebagai cahaya, hitam bukan dikategorikan sebagai sebuah warna. Penjelasannya adalah ketika tidak ada cahaya atau gelap, semuanya akan berubah menjadi hitap alias gelap. Tidak ada foton cahaya dalam suasana yang gelap. Karena tidak ada foton cahaya maka juga tidak ada foton warna juga. Itulah kenapa hitam tidak bisa dikategorikan sebagai warna.

Bagaimana dengan putih? Apakah warna juga? Berdasarkan teori yang sama, putih merupakan perpaduan antara semua warna. Dengan demikian, putih bisa dikatakan sebagai warna. Dalam spektrum warna, cahaya matahari merupakan cahaya putih yang yang terdiri semua warna. Itulah kenapa cahaya berwarna putih. Kamu juga bisa menggunakan prisma cahaya untuk membuktikannya.

Teori yang mengatakan bahwa hitam adalah warna adalah teori warna subtraktif. Teori ini berangkat dari pembagian warna. Warna primer terdiri dari kuning, biru, dan merah. Jadi jika kamu menggabungkan semua warna primer, maka kamu bisa mendapatkan warna hitam. Bahkan hal ini juga sudah dikonfirmasi oleh ahli kimia. Teori ini juga membalikkan bahwa putih bukan warna. Karena putih tidak bisa didapatkan dari warna primer tersebut.

Terus bagaimana kesimpulannya? Untuk menentukan apakah hitam dan putih itu warna atau bukan, kita harus kembali ke definisi dari warna itu sendiri. Warna dari sebuah benda berasal dari molekul pembawa warna dari benda tersebut. Kita bisa mengatakan bahwa suatu benda berwarna karena benda tersebut merefleksikan warna tersebut kepada mata kita bukan menyerapnya. Setiap warna merupakan efek dari gelombang khusus.

Dengan pendapat tersebut, hitam bukanlah sebuah warna. Alasannya adalah benda hitam menyerap semua warna dari spektrum yang terlihat dan tidak satupun warna dapat direfleksikan ke mata kita. Sedangkan, putih merupakan warna karena merefelksikan semua warna dari spektrum cahaya yang bisa terlihat oleh mata. Apakah kamu puas dengan penjelasan tersebut?