Brilio.net - Siapa sih wanita di dunia ini yang gak ingin cantik? Semuanya pasti menjawab ingin cantik bak artis-artis. Hal ini tentunya dimanfaatkan oleh berbagai produsen kecantikan untuk menjajakan berbagai produk kosmetiknya.

Namun jangan sampai hanya demi mendapat sebuah kecantikan kamu gegabah dalam memilih kosmetik. Alih-alih menjadi cantik, yang ada wajahmu jadi rusak karena salah memilih kosmetik. Nggak mau kan?

Nah untuk meminimalisasi hal buruk seperti di atas, berikut brilio.net berikan daftar zat kimia yang harus kamu waspadai saat memilih kosmetik:

1. Paraben
Paraben ini sering digunakan pada alat kosmetik seperti mascara, pembersih make-up, deodorant dan lotion. Paraben ini berbahaya karena merupakan zat pengawet yang bisa membuat ketagihan, kalau lama tidak dipakai akan menimbulkan iritasi pada kulit seperti merah-merah dan gatal. Kalau dipakai terus menerus bahkan bisa membuat kulitmu melepuh. Zat paraben ini sudah dilarang dipakai dalam kosmetik di negara-negara Eropa dan Jepang.

2. Phthalate
Phthalate sering digunakan pada kosmetik cat kuku. Mengandung zat karsinogen yang beresiko penyakit kanker, meningkatnya hormon estrogen dan alergi. Penggunaan zat ini sduah dilarang di negara-negara Eropa.

3. Propylene glycol
Banyak digunakan pada produk shampoo, conditioner, sabun dan moisturizer. Dapat menyebabkan kulit merah-merah, dermatitis, merusak hati dan ginjal dan menyebabkan kanker. Zat ini sudah dilarang di negara Eropa.

4. Formaldehyde
Digunakan pada produk eye shadow, lotion, deodorant, shampo, cat kuku dan pengering rambut. Dapat menyebabkan asma, sakit kepala, iritasi mata dan leukimia. Negara Jepang dan Swedia sudah melarang penggunaan zat ini.

5. Hidrokuinon
Banyak digunakan pada alat kosmetik pemutih kulit, pembersih kulit, facial moisturizer, conditioner rambut. Mengandung melanin yang dapat membahayakan kulitmu dan kanker. Negara-negara di Eropa sudah melarang penggunaan kosmetik dengan zat ini.

6. Sodium Laurel Sulfate (SLS)
Biasa digunakan pada lotion, sabun, pasta gigi dan maskara. SLS dapat menyebabkan iritasi kulit, katarak dan dermatitis. Negara-negara di Eropa dan Amerika sudah melarang penggunaan zat ini.

7. Petroleum
Digunakan pada jenis kosmetik pembersih wajah, make up mata, sabun dan skin care. Dapat menyebabkan racun dengan mudah masuk ke tubuh serta menambah resiko penyakit kanker. Zat ini telah dilarang penggunaannya di Eropa.

8. Triclosan
Digunakan di deodorant, sabun tangan, pasta gigi dan pembersih mulut. Dapat menyebabkan gatal-gatal pada tangan, tekanan darah menurun, sakit kepala dan muntah-muntah.

Nah ladies, hati-hati ya dalam membeli kosmetik, karena cantik itu harus dibarengi dengat otak yang cermat dan pintar.