Brilio.net - Manusia itu unik. Masing-masing orang memiliki karakter dan pembawaannya sendiri-sendiri sejak lahir. Termasuk dalam hal akademis, setiap orang memiliki tingkat kecerdasannya masing-masing.

Tapi percaya nggak, kalau urutan lahir seseorang menentukan tingkat kecerdasannya? Menurut studi yang dilakukan oleh Rodica Damian, seorang profesor psikologi dari University of Houston, anak sulung ternyata memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dibandingkan adik-adiknya. Wow!

Dikutip brilio.net dari Daily Mail, Jumat (24/7), hasil penelitian ini didapat dengan meneliti 377.000 responden berusia anak-anak sekolahan. Menurut para peneliti, walau angkanya tak menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan, tapi diketahui anak pertama memiliki keuntungan tingkat IQ yang lebih banyak yaitu sebesar 0.02. Kenapa bisa begitu?

Menurut Damian, hal ini disebabkan karena anak pertama dalam suatu keluarga cenderung memiliki sifat dan karakter yang extrovert, dimana mereka lebih terbuka terhadap berbagai macam hal, rasa keingintahuan yang tinggi dan mudah setuju terhadap sesuatu hal. Selain itu, anak pertama diketahui memiliki sifat yang lebih jarang panik dibandingkan anak yang lahir pada urutan kedua dan seterusnya.

Namun, ditekankan peneliti, karena perbedaan yang ada tak terlalu besar antara anak sulung dan adik-adiknya, seharusnya tak perlu ada pembedaan pola asuh mereka. Siapapun, bagaimana, dan urutan ke berapa mereka lahir, seharusnya tetap mendapat perlakuan yang sama serta kasih sayang yang adil di antara masing-masing anak. Jangan sampai berat sebelah atau malah ditelantarkan serta diperlakukan dengan tidak baik. It's a big NO!

Kalau kamu anak nomor berapa?

BACA JUGA:

Yuk hidup sehat, mulai batasi konsumsi garam biar nggak hipertensi

Ladies, kurang vitamin D ternyata bisa bikin kamu mudah depresi lho

Duh, terobsesi dengan makanan sehat bisa bikin gejala gangguan makan!

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Ini kandungan menu sarapan yang baik, sudahkah sarapanmu memenuhi?

Kandungan tersembunyi dari tanaman gunung ini bisa jadi pengganti gula

Cokelat bisa bikin berat badanmu jadi turun, ayo coba gaya diet ini

Ini cara mengurangi jumlah kalori ketika memasak nasi

Anak yang sering makan fast food tingkat kecerdasannya lebih rendah

Memakan nasi sisa hari kemarin ternyata berkhasiat untuk diet

Sukses diet, gadis ini justru ingin gemuk lagi gara-gara kena penyakit

Jangan tiru diet ala artis ini, meski Madonna & Mariah Carey melakukan

Lagi diet? Coba 5 makanan ini, dijamin bikin kamu nggak cepat lapar