Brilio.net - Pernah mendengar istilah air kangen, guys? Apa sih, artinya? Dikutip brilio.net dari buku Mitos dan Fakta Kesehatan 2 yang ditulis Erikar Lebang, Selasa (19/5), air kangen bisa dikaitkan dengan air yang bersifat basa, meskipun tidak sepenuhnya tepat.

Pertama-tama, perlu mengenal air bersifat basa itu sendiri. Air bersifat basa dibutuhkan tubuh, sama seperti makanan pembentuk basa yang bersifat natural, seperti buah dan sayuran segar, yang membentuk PH netral cenderung basa.

Nah, ternyata tidak semua air yang dikatakan bersifat basa itu baik untuk tubuh. Sebenarnya, air yang bersifat basa pada umumnya dihasilkan oleh mata air alam. Dikatakan basa karena mengandung dua mineral penting yaitu kalsium dan magnesium. Namun, rasio keduanya harus pas, yaitu 2:1. Beberapa daerah yang memiliki air dengan kandungan basa istimewa sebut saja seperti Air Zam-zam (Mekkah, Arab Saudi), Air Tlacote (Meksiko), Air Lourdes (Prancis), Air Nordenau (Jerman).

Sayangnya, di sisi lain, muncul banyak teknologi yang mencoba menduplikasi konsep air basa dengan jalan pintas, alias justru menambahkan mineral saja. Apalagi rasio antara kalsium dan magnesium juga tidak pas. Misalnya saja kalsium yang berlebihan. Akibatnya bisa mengasamkan PH darah, memicu tubuh kita melepaskan kalsium tulang untuk kembali ke ambang netral. Inilah penyebab osteoporosis dini.

Kembali bicara air kangen, ahli pola hidup sehat sejak 1999 ini menyatakan air kangen mengacu pada rekayasa sifat basa pada air secara alami, tanpa penambahan mineral seperti tersebut di atas. Dia menyebutkan bahwa air kangen merupakan air yang melewati proses elektrolisis dan memiliki daya reduksi kuat, serta tidak tercemar substansi tidak berguna. Tentu saja, proses elektrolisis ini menghasilkan air dengan kandungan kalsium-magnesium tadi secara alami dan rasionya tepat.

Mengonsumsi air kangen secara rutin bisa membuat kondisi tubuh memiliki kadar PH netral cenderung basa seperti konsep teori Antoine Bechamp, ahli kimia dan biologi dari Prancis. Bahkan, dikutip brilio.net dari laman Enagic (sebuah perusahaan air ternama dan berteknologi canggih di Jepang), Selasa (19/5) menyatakan air kangen dapat dipergunakan untuk konsumsi air minum, memasak, kecantikan, bahkan pembersihan.

Di negara kita, sudah banyak beredar produk kecantikan air kangen di online shop, lho. Namun, keputusan untuk mengonsumsinya, dalam bentuk apa pun, kembali pada individu masing-masing, ya. Telah banyak literatur tentang air kangen itu sendiri. Belajar bijak sebelum memasukkan segala macam substansi ke dalam tubuh kita. Stay healthy, guys!