Brilio.net - Ketika kamu sudah kecanduan merokok, akan sangat sulit bagimu untuk menghentikannya. Meskipun dalam hati kecilmu punya cita-cita untuk mengakhirinya, nyatanya itu sebatas wacana yang sulit kamu realisasikan. Ya kan?

Hari demi hari, bulan demi bulan, tahun demi tahun telah berganti. Namun keinginanmu untuk berhenti merokok tidak kunjung terwujud.

Nah, kamu perlu tahu beberapa hal yang ternyata hanya bisa dirasakan orang yang hobi ngerokok. Berikut penjelasannya seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber:

1. Alasan mulai merokok
Kamu dulu mungkin mulai merokok hanya ikut-ikutan dan ingin dibilang keren oleh temanmu. Tapi itu dulu. Sayangnya, saat ini kamu sudah kecanduan rokok dan susah untuk berhenti. Iya nggak?

2. Masuk ke ruang kelas/kantor belakangan
Kamu sengaja masuk ke ruang kerja atau kelas belakangan untuk menghabiskan sisa rokok yang terlanjur kamu hisap, betul? Sudah menjadi aturan umum, wilayah kekuasan perokok hanya ada di Smoking Area.

3. Nggak bisa hidup tanpa rokok
Baik itu siang atau pun malam, kamu nggak mampu mengendalikan keinginanmu untuk rokok, apalagi sehabis makan. Mulutmu seakan terasa kecut tanpa cumbuan batang rokok.

4. Sulit mengelak dari rokok
Kamu akan sering mendapatkan nasihat dari ibumu untuk berhenti merokok. Meski di depan ibumu kamu mengangguk patuh, pada kenyataannya, kamu sudah terbelenggu oleh kebiasaanmu itu dan seolah tak berdaya karenanya.

5. Tak kuasa menahan keinginan merokok
Ketika kamu bersama dengan keluarga, pacar, atau siapapun yang kamu cintai, kamu akan berusaha sekuat tenaga untuk tidak merokok. Meskipun dalam hati, kamu meronta-ronta dan menjerit ingin menghisap sebatang rokok.

6. Kebal terhadap peringatan
Peringatan keras (penyakit akibat merokok) yang terdapat pada kemasan rokok seakan nggak mempan bagimu. Mungkin jika itu pengalamanmu sendiri, kamu akan mempertimbangkan untuk berhenti merokok.

7. Pengeluaran semakin bertambah
Kamu pada akhirnya akan menghabiskan lebih banyak uang jika dibandingkan teman-temanmu yang tidak merokok. Selain untuk anggaran rokok dan korek, kamu juga perlu membeli permen atau deodorant untuk menyembunyikan bau rokok dari orangtua, pacar, atau siapapun yang kamu sayangi.

8. Makan vs rokok
Jika kamu punya uang yang hanya bisa digunakan untuk membeli makan atau rokok, kamu bakal memilih untuk membeli rokok. Kamu seakan tak bisa hidup tanpa rokok dan rokok. Betul seperti itu?

9. Tak berdaya lagi
Dan ketika orangtua, pacar, atau teman-temanmu memintamu untuk berhenti merokok, faktanya kamu nggak bisa melakukannya meskipun kamu sudah mencoba. Inilah rasanya ketika kamu nggak bisa menuruti keinginan orang-orang yang kamu cintai. Tak berdaya.