Brilio.net - Siapa sih yang nggak kenal buah stroberi? Buah yang berwarna merah dan berbentuk hati dengan rasa asam dan manis ini banyak disukai oleh hampir semua kalangan. Tak hanya karena alasan penampilan, tapi juga memiliki manfaat kesehatan.

Manfaat kesehatan dari buah stroberi sudah terkenal sejak kerajaan era Romawi. Saat itu buah ini digunakan untuk pemutihan gigi, mengobati iritasi pada kulit dan juga untuk memperbaiki masalah pencernaan. Sekarang, ahli gizi dari seluruh dunia mulai meresepkan stroberi untuk banyak manfaat kesehatan.

Warna merah tua stroberi disebabkan karena anthocyanidin, yaitu antioksidan yang kuat untuk membantu tubuh kamu melawan peradangan, kanker dan masalah jantung tertentu. Stroberi juga dilengkapi dengan kandungan vitamin C dan K, serat, folat, magnesium dan kalium. Ini adalah beberapa alasan yang sehat untuk makan buah stroberi.

Buah ini diberkahi dengan kuantitas tinggi nutrisi yang penting untuk tubuh manusia. Inilah beberapa manfaat kesehataan dari buah stroberi yang perlu kamu ketahui, seperti dilansir brilio.net dari Boldsky, Kamis (30/7).

1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Kandungan vitamin C dalam buah stroberi membantu memperkuat kekebalan tubuh kamu. Ini akan membantu untuk melawan infeksi tertentu. Vitamin C akan memberikan manfaat ganda bila dikombinasikan dengan makanan lain yang mengandung zat besi.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung
Stroberi dengan antioksidan seperti anthocyanidin membantu untuk mencegah pembentukan kolesterol jahat. Hal ini juga memberikan efek anti inflamasi yang baik bagi kesehatan jantung.

3. Melawan kanker
Asam ellagic dalam stroberi memainkan peran penting dalam menekan pertumbuhan sel kanker. Seiring dengan ini, kandungan antioksidan yang membuat kanker menjauh. Vitamin C membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan dengan demikian juga melawan sel-sel kanker.

4. Menghilangkan kerut di wajah
Elastisitas kulit ditingkatkan dengan bantuan kolagen yang dihasilkan oleh Vitamin C. Menurut ilmu kedokteran tubuh manusia kehilangan kolagen saat beranjak tua. Ketika elastisitas kulit berkurang, kamu akan terlihat lebih tua dan lebih keriput. Stroberi sebagai makanan alami terbaik dengan kuantitas tinggi Vitamin C akan memberikan kulit terlihat lebih muda.

5. Mengurangi berat badan
Buah yang indah ini memiliki sedikit kalori dan kaya serat. Karena kaya serat bisa memberikan rasa kenyang jika kamu makan stroberi sebelum makan. Faktor lainnya lagi yaitu Vitamin C, meningkatkan metabolisme yang membakar kalori lebih cepat.

6. Membuat rambut jadi sehat dan berkilau
Stroberi juga dapat mencegah rambut rontok. Kandungan nutrisi efektif untuk mencegah penipisan rambut, ketombe dan infeksi jamur. Banyak orang menggunakan stroberi sebagai paket perawatan rambut dan menerapkan pulp pada kulit kepala untuk mendapatkan rambut berkilau dan sehat.

7. Membantu meningkatkan memori
Dalam buah stroberi terdapat falvanoid yang disebut fistein yang berfungsi untuk meningkatkan memori. Menurut sebuah studi, makan dua atau lebih buah stroberi dalam seminggu dapat membantu meningkatkan memori kamu.

Nah, ternyata banyak juga ya alasan sehat untuk makan stroberi. Selamat mencoba dan jaga selalu kesehatanmu!