Brilio.net - Bagi sebagian orang, senioritas di kantor memang mempengaruhi kepercayaan diri. Terlebih lagi bagi anak baru, senioritas bisa menjadi hambatan tersendiri.

Jika kamu sedang mengalami hal ini, jadikanlah momen tersebut untuk bersinar. Meskipun pegawai baru, kamu bisa kok bertingkah seperti atasan. Bagaimana caranya?

Berikut adalah 7 jurus bertingkah layaknya bos di kantor, seperti dikutip brilio.net dari usnews.com, Rabu (25/3):

1. Harus paham dengan jabatan yang disandang
Dengan memahami jabatan, kamu mempunyai gambaran apa yang harus dilakukan. Selain itu, kamu tidak akan mengambil pekerjaan bagian lain. Jika ada bagian lain yang meminta mengerjakan sesuatu hal, pastikan itu bagian dari tugasmu.

2. Samakan prinsip dengan supervisor
Agar senioritas semakin tidak terasa, kamu harus memahami para atasan, terutama supervisor. Cobalah amati cara kerjanya, temukan prinsip pegangan dari supervisor. Setelah itu, berusahalah bekerja dengan ritme yang sama dengan supervisor. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman antara kamu dengan para atasan.

3. Tahu cara menyampaikan alasan
Dunia kerja memang rumit, apalagi bagi anak baru yang masih adaptasi. Tidak semua hal bisa diatasi seketika. Di saat seperti itu, kamu harus logis dalam menyampaikan alasan kenapa suatu target tidak tercapai. Agar mendapat nilai plus, kamu juga harus tahu bagaimana menanganinya dengan beberapa pilihan solusi.

4. Jangan cepat marah dan putus asa
Tingkat emosi akan mempengaruhi kualitas kerjamu. Usahakan jangan sering marah dan emosi. Apalagi ketika kamu diberi kritikan yang tidak enak dari atasan. Pahamilah kritikan sebagai penyemangat.

5. Berhentilah mencari perhatian
Jika prinsip kamu seperti ini bisa berbahaya. Kamu akan semangat ketika banyak orang yang menyukai pekerjaanmu. Akan tetapi kamu bisa langsung down ketika banyak teman kantor yang membencimu. Lebih baik kamu fokus dengan targetmu sendiri. Jangan sampai bekerja hanya untuk mencari komentar yang menyenangkan saja.

6. Perhatikan nada suara
Ketika kamu menyampaikan gagasan dalam sebuah rapat, intonasi sangat penting. Jangan sampai ide kamu disampaikan dengan gaya tidak percaya diri. Tapi kamu juga tidak boleh terlalu arogan dalam pertemuan. Sampaikan saja dengan gaya meyakinkan tanpa berlebihan.

7. Jangan sering 'menyerang'
Sebagai karyawan baru, kamu harus terbuka dengan segala kemungkinan. Jangan terlalu sering menolak pendapat atau saran dari orang lain apalagi atasan. Jika memang persaingan antar divisi sangat ketat, bersainglah dengan sehat. Jangan samapi menjebak teman kantor lainnya.