Brilio.net - Sekali waktu kamu mungkin pernah mengalami malas makan sekali waktu, alias kehilangan selera makan. Sekalipun bukan perkara genting, kamu juga harus mengembalikan nafsu makanmu kembali normal. Padahal makan memberimu energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, kan?

Nah, biar nggak malas makan lagi, coba deh, beberapa konsumsi bahan makanan ini, seperti dikutip brilio.net dari laman A2Z Lifestyles, Rabu (1/7):

1. Bawang putih
Bawang putih bisa memperbaiki nafsu makanmu karena membantumu mencerna lebih cepat dan merangsang sistem pencernaan sehingga bisa membersihkan perutmu dan memperbaiki kehilangan nafsu makanmu. Konsumsilah bawang putih setiap hari. Kamu juga bisa mengonsumsinya dengan merebus dua atau tiga kepal bawang dalam air dicampur dengan air lemon, lantas minumlah dua kali sehari.

2. Sayur Pare
Sayur yang terkenal super pahit ini ternyata bisa membuat enzim pencernaan lebih baik untuk memproses makanan berlemak, untuk memastikan tidak ada akumulasi yang tidak perlu. Caranya adalah dengan membentuk kontrak kandung empedu, yang mendorong empedu ke usus kecil dan membantu memecah lemak tersebut.

3. Buah Asam
Rasa tajam buah asam terasa manis di mulut dan dapat digunakan untuk membuat rasa makanan lebih sedap. Selain itu, buah ini juga memiliki efek pencahar, lho. Kamu bisa mengolahnya menjadi campuran olahan sayur atau minuman.

4. Jahe
Jahe bisa membuat perutmu terasa nyaman sehingga bisa menggugah selera makanmu. Kamu bisa mengolahnya ke dalam campuran makanan atau kamu minum sebagai wedang. Kamu bisa melihat hasilnya setelah satu atau dua hari mengonsumsinya.

5. Ketumbar
Ketumbar bisa mengatasi hilangnya nafsu makan karena dia memastikan proses pencernaan dalam kondisi sehat. Dia menghentikan semua gas tidak perlu dan meningkatkan sekresi asam lambung yang bisa meningkatkan rasa laparmu. Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus daun ketumbar atau mencampur ketumbar itu sendiri ke dalam olahan masakanmu. Konsumsilah secara teratur dan rasakan manfaatnya.

6. Cabai rawit
Bahan makanan pedas ini juga menjadi stimulator yang baik untuk menggugah selera makan. Maka tak heran dong, kamu nambah terus makannya kalau makan sama sambal?

Nah, dari beberapa 'pertolongan pertama' di atas kalau tidak membantu membangkitkan selera makanmu, lebih baik segerakan periksakan ke dokter ya. Kesehatanmu lho!

BACA JUGA:

Yuk hidup sehat, mulai batasi konsumsi garam biar nggak hipertensi

Ladies, kurang vitamin D ternyata bisa bikin kamu mudah depresi lho

Duh, terobsesi dengan makanan sehat bisa bikin gejala gangguan makan!

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Ini kandungan menu sarapan yang baik, sudahkah sarapanmu memenuhi?

Kandungan tersembunyi dari tanaman gunung ini bisa jadi pengganti gula

Cokelat bisa bikin berat badanmu jadi turun, ayo coba gaya diet ini

Ini cara mengurangi jumlah kalori ketika memasak nasi

Anak yang sering makan fast food tingkat kecerdasannya lebih rendah

Memakan nasi sisa hari kemarin ternyata berkhasiat untuk diet

Sukses diet, gadis ini justru ingin gemuk lagi gara-gara kena penyakit

Jangan tiru diet ala artis ini, meski Madonna & Mariah Carey melakukan

Lagi diet? Coba 5 makanan ini, dijamin bikin kamu nggak cepat lapar