Brilio.net - Kamu sudah nonton film Star Wars yang terbaru belum? Kalau belum, mending buruan nonton gih. Karena ada banyak sekali teknologi-teknologi masa depan yang bisa bikin kamu berdecak kagum. Tapi bagi mereka yang jadi Star Wars fanboy sih, kayaknya nggak bakal heran ya.

Nah, tapi tahukah kamu ada beberapa teknologi canggih Star Wars yang ada di film ternyata sekarang sudah ada di dunia nyata? Kira-kira apa saja ya? Berikut brilio.net lansir dari lifehack.org, Sabtu (2/1), 5 teknologi masa depan di Star Wars itu. Cekidot!


1. Hologram

5 Teknologi Star Wars ini sudah ada di dunia nyata, kamu sadar nggak? foto: extremetech.com

"Help me Ob Wan Kenobi. You're my only help!"

Para penonton yang menyaksikan sepenggal adegan itu pada tahun 1977 nggak akan membayangkan bagaimana jika teknologi itu ada dunia nyata. Walaupun teknologi menyampaikan pesan lewat hologram itu sepertinya mustahil diwujudkan, tapi sekarang teknologi itu benar-benar telah ada di dunia nyata.

Sebuah sekelompok akademisi di Universitas Arizona menggunakan kombinasi laser dan kamera untuk membuat pesan holografik pertama. Teknologi ini telah digunakan beberapa kali sejak saat itu, termasuk penggunaan hologram untuk memungkinkan musisi untuk 'tampil' dengan musisi lain.


2. Robot berbentuk humanoid yang bertingkah layaknya manusia

5 Teknologi Star Wars ini sudah ada di dunia nyata, kamu sadar nggak? foto: lifehack.org

Ketika Star Wars pertama kali dirilis, beberapa pemerannya dalam film adalah robot humanoid. Mereka cerdas dan fungsional dan nggak ada yang menyangka jika robot seperti ini bisa ada dalam kehidupan nyata.

Tapi sekarang, robot seperti itu bukan lagi khayalan. Mereka mampu menganalisis masukan yang mereka terima dan menggunakan kecerdasan buatan untuk bertindak atas informasi tersebut. Salah satunya adalah Asimo, robot yang diciptakan oleh perusahaan Honda yang dapat mengenali wajah dan bertingkah laku layaknya manusia.


3. Lengan bionic

5 Teknologi Star Wars ini sudah ada di dunia nyata, kamu sadar nggak? foto: wired.com

Siapa saja yang sudah nonton film Star Wars pasti tahu kalau Luke dan ayahnya kehilangan tangan mereka dan diganti dengan anggota badan bionik yang berfungsi normal. Luke berhasil berjuang melawan banyak musuh menggunakan tangan baru ini, termasuk ayahnya. Bagi kamu yang dulu sering nonton, pasti berpikiran jika teknologi itu hanya bakal ada film fiksi.

Tapi sekarang, insinyur biomedis telah merancang anggota tubuh yang memberikan kemampuan fungsi penuh untuk digerakkan, dan kadang-kadang bahkan meningkatkan fungsi.

4. Navigasi layar

5 Teknologi Star Wars ini sudah ada di dunia nyata, kamu sadar nggak? foto: lifehack.org

Pernahkah kamu memperhatikan ketika Luke terbang menggunakan pesawat X-Wing Fighter, dia nggak pernah melihat ke bawah untuk melihat instrumen panelnya? Hal ini karena teknologi navigasi layar telah ada di helm pesawatnya. Hal yang bagi sebagian orang pada saat itu adalah sesuatu yang mustahil.

Ternyata teknologi itu telah diwujudkan oleh salah satu produsen mobil ternama untuk digunakan di mobil ciptaan mereka. BMW adalah salah satu produsen mobil yang menawarkan HUD (heads up displays) di model-model tertentu dari mobil mereka. Hal ini memudahkan pengendara untuk melihat informasi seperti GPS. Mirip teknologinya Tony Stark Iron Man ya?


5. Hovercraft

5 Teknologi Star Wars ini sudah ada di dunia nyata, kamu sadar nggak? foto: lifehack.org

Kalau kamu ingin punya kendaraan Hovercraft seperti yang ada di film Star Wars, Perusahaan Moller International telah membantu mewujudkan mimpimu itu. Mereka telah berhasil mengembangkan Hovercraft yang dapat dibeli oleh setiap orang dengan harga berkisar USD 90.000. Tertarik membelinya guys?