Brilio.net - Seorang presiden bukan cuma pemimpin bagi rakyat di negerinya, tapi dia juga simbol negara. Karena itu, seorang presiden harus tampil sesempurna mungkin. Bahkan di Amerika Serikat, berulang kali terjadi kebijakan untuk menyembunyikan penyakit yang dimiliki orang nomor satu di Negeri Paman Sam itu dari publik.

Berikut adalah lima presiden Amerika Serikat yang penyakitnya sempat disembunyikan dari publik, dikutip brilio.net dari menshealth.com, Sabtu (18/4).

1. Chester A Arthur

5 Presiden Amerika yang penyakitnya disembunyikan

Presiden ke-21 ini menjabat tahun 1881-1885. Arthur didiagonis menderita Bright's Disease (diagnosis ini sudah tidak ada lagi, penyakit ini merupakan komplikasi dari berbagai penyakit ginjal yang berbeda). Penyakit ini tergolong fatal karena mengharuskan pengidapnya untuk istirahat dan rileks.

Untuk menyembunyikan penyakit tersebut, juru bicara kepresidenan mengklaim bahwa Chester menderita malaria ringan. Laporan tersebut disebarkan melalui salah satu media massa di AS, New York Herald.

2. Grover Cleveland

5 Presiden Amerika yang penyakitnya disembunyikan

Grover Cleveland menjabat presiden selama dua periode kepemimpinan, yakni pada tahun 1885-1889 dan 1893-1897. Pada masa jabatannya yang kedua, Cleveland didiagnosis terkena kanker pada langit-langit mulutnya karena ada tonjolan.

Trik yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit ini adalah sang presiden mengumumkan untuk pergi memancing di kapal pesiar temannya selama empat hari. Padahal waktu tersebut digunakan untuk proses operasi. Tim ahli bedah melakukan operasi untuk mengangkat penyakit tersebut dalam waktu 90 menit. Bahkan sang presiden harus kehilangan lima giginya. Demi menghilangkan rasa curiga dari warga Amerika, sang presiden berpesan untuk tidak mencukur kumisnya sedikitpun.

3. Woodrow Wilson

5 Presiden Amerika yang penyakitnya disembunyikan

Wilson merupakan presiden ke-28 yang menjabat pada tahun 1913-1921. Pada tahun 1919, Wilson menderita penyakit stroke yang menyebabkan lumpuh di bagian kiri tubuhnya dan juga buta sebagian. Untuk menyembunyikan penyakitnya, Wilson pergi ke pengasingan selama sisa jabatannya. Dalam waktu tersebut, istrinya yang bernama Edith yang membantunya agar penyakit ini tidak tersebar ke masyarakat.

4. Franklin D Roosevelt

5 Presiden Amerika yang penyakitnya disembunyikan

Dia menjabat kursi kepresiden Amerika pada tahun 1933-1945, sebagai presiden ke-32. Dia terkena penyakit polio di usianya 39 tahun, yakni pada tahun 1921, yang menyebabkan kedua kakinya lumpuh. Untuk menyembunyikan penyakitnya, dia menggunakan kursi roda yang didesain berbeda. Akan tetapi rancangan kursi roda ini terlalu mecolok pada waktu itu. Dia juga membutuhkan tongkat dan bantuan pelayannya saat naik ke podium atau masuk dalam kursi. Dia mengakalinya dengan mengayunkan pinggulnya seolah-olah dia menggunakan kaki saat berpidato atau masuk mobil.

5. John F Kennedy

5 Presiden Amerika yang penyakitnya disembunyikan

Dia merupakan presiden ke-35 Amerika yang menjabat pada tahun 1961-1963. Kennedy menderita Addison's Disease. Penyakit ini disebabkan oleh kerusakan kelenjar adrenal. Akibatnya dia sangat kesakitan saat anik tangga atau sekadar memakai kaus kaki.

Untuk menutupi penyakit ini, keluarganya membuat image bahwa Kennedy adalah seorang pria kuat yang muda dan berhati-hati. Dia juga mengaku bahwa penyakitnya ini sudah lama sembuh.