Brilio.net - Permasalahan berat badan memang masih sering diperbincangkan. Jenis makanan dan gaya hidup bisa mempengaruhinya. Tak hanya persoalan fisik saja, kondisi psikologis juga turut andil dalam menentukan berat badan seseorang.

Tapi tahukah kamu bahwa jenis obat-obatan juga bisa menaikkan berat badan? Dikutip brilio.net dari India Time, Sening (15/6), berikut adalah jenis obat-obatan yang malah bisa bikin kamu semakin berisi:

1. Antidepresan
Memang tidak setiap orang terpengaruhi oleh obat yang satu ini. Akan tetapi, banyak juga yang mengalami pertambahan berat badan saat mengonsumsi obat antidepresan. Dari sekian banyaknya jenis obat antidepresan, jenis tricyclic merupakan jenis yang paling berpengaruh soal berat badan.

2. Obat tidur
Obat tidur yang diproduksi di era sekarang lebih aman dibandingkan di masa lalu. Akan tetapi, obat ini bisa menyebabkan kenaikan berat badan karena kandungan melatoninya. Ada baiknya mengurangi konsumsi obat ini dengan melakukan terapi psikologi.

3. Diabinese dan insulase
Kedua obat-obatan ini biasanya diperuntukkan bagi orang yang tekena diabetes tipe 2. Jenis obat ini bisa meningkatkan produksi insulin dan akhirnya bisa meningkatkan nafsu makan. Alhasil, kamu bisa semakin gemuk.

4. Pil KB
Orang yang menggunakan obat pil KB sebagai kontrasepsi, biasanya rentan dengan penambahan berat badan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan DMPA dalam obat tersebut. Meskipun begitu, beberapa riset belum menunjukkan hubungan yang positif mengenai fenomena ini.

5. Deltasone atau prednisone
Obat ini biasanya diperuntukkan orang yang terkena kanker limfofa hodgkin. Kanker ini bisa disembuhkan dengan radiasi. Akan tetapi, kortikosteroid oral pada obat ini mengandung senyawa yang bisa menaikkan berat badan.

BACA JUGA:

Awas! 10 Bahan makanan ini nggak boleh kamu simpan di dalam lemari es

VIDEO: Hal-hal yang terjadi pada jasadmu di dalam tanah usai meninggal

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis

VIDEO: Kisah sepasang sepatu bekas yang akan membuatmu menangis

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Kamu sering gemetaran? Hati-hati mungkin itu gejala Multiple Sclerosis

Duh, terobsesi dengan makanan sehat bisa bikin gejala gangguan makan!

Cermati ubanmu, bisa jadi itu adalah gejala kanker, hati-hati!

Ini kandungan menu sarapan yang baik, sudahkah sarapanmu memenuhi?