Brilio.net - Mengulik latar belakang seorang yang jenius memang sangatlah menarik. Apalagi ahli matematika yang baru saja tutup usia, John Nash. Di sisi lain, profil seorang jenius bisa menambah semangat kamu dalam memperjuangkan mimpi.

Berikut adalah lima fakta tentang John Nash dikutip oleh brilio.net dari nobelprize.org, Senin (25/5).

1. Berasal dari kota non-intelek
John Nash lahir pada tanggal 13 Juni 1928 di Bluefield, West Virginia. Bluefield merupakan kota kecil yang terpencil di Appalachians. Kota ini bukanlah pusat para intelek atau pun teknologi. Masyarakat kota ini mengandalkan usaha batubara. Bahkan dia juga mengakui dia harus balajar bukan dari masyarakat secara langsung.

2. Bercita-cita sebagai teknisi listrik
Saat berada di bangku sekolah menengah, dia berkeinginan untuk menjadi ahli dalam bidang teknik listrik.Impian tersebut dipengaruhi oleh pekerjaan ayahnya. Applachian Electric Power Company merupakan tempat ayahnya bekerja sebagai teknisi. Ayahnya juga berhasil meraih gelar dalam teknik listrik dari Texas Agricultural and Mechanical.

HOT NEWS:

Ini bedanya 0 dan +62 yang sering kamu gunakan buat SMS dan telepon


3. Gonta-ganti jurusan saat kuliah
Saat menempuh kuliah di Carnegie Mellon, John memilih jurusan teknik kimia saat masuk. Setelah satu semester, dia merasa kesulitan dengan jurusan tersebut kemudian dia pindah ke jurusan kimia murni. Ternyata sama saja, saat mengikuti perkuliahan dia kesulitan dengan kemampuan analisis kuantitatif. Akhirnya dia pindah ke fakultas matematika.

4. Mengidap penyakit schizophrenia
Dia mengalami gangguan kelainan ini pada tahun 1959. Pada waktu itu, istrinya sedang hamil. Tidak hanya mengganggu cara berpikirnya saja. Parahnya lagi, saat kondisi tersebut dia bercerai dengan istrinya pada tahun 1962 meski menikah kembali pada tahun 2001. Karena schizophrenia, dia juga mengundurkan diri dari jajaran fakultas kampus.

5. Terbang ke Oscar
Sisi biografi dari John Nash diangkat pada layar lebar dan masuk dalam ajang bergengsi, Academy Awards tahun 2002. A Beatiful Mind masuk dalam delapan nominasi, dan empat di antaranya menang.  A Beatiful Mind berhasil mengantongi Piala Oscar pada kategori Best Picture, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Best Writing, Screenplay Based on Material Previously Produced or Published.

HOT NEWS: