Brilio.net - Kecelakaan kecil di rumah mungkin saja terjadi tanpa diduga, misalnya luka bakar akibat terkena korek api atau  air panas. Jangan panik dan jangan pakai odol atau pasta gigi, ya!

Dikutip brilio.net dari laman thehealthsite.com, Rabu (13/5), berikut pertolongan pertama nan sederhana pada luka bakar ringan:

5 Cara sederhana dan ampuh mengobati luka bakar, kamu bisa buktikan!

1. Aloevera/ lidah buaya
Tanaman satu ini memang dipercaya dalam penyembuhan luka bakar. Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya pada luka bakar, maka sensasi dingin akan segera terasa. Selain mendinginkan luka bakar, lidah buaya tidak meninggalkan jaringan parut, lho. Jaringan parut sendiri merupakan semacam bekas luka atau kondisi medis yang ditandai dengan pembentukan lesi yang menonjol, umumnya terjadi akibat cedera fisik atau patologis.

2. Madu
Madu murni atau mentah memiliki sifat antiseptik dan menutup luka bakar. Dengan demikian, luka bakarmu dapat teratasi dan kemungkinan kecil meninggalkan jaringan parut. Kamu cukup mengoleskan madu pada luka bakarmu.

3. Cuka
Kamu bisa mengompres luka bakarmu dengan kain yang sudah dibasahi dengan cuka sesering yang kamu perlukan. Cuka dapat mengurangi rasa sakit dari luka bakar.

4. Minyak lavender
Kamu bisa mengombinasikan minyak lavender, gel lidah buaya, vitamin C, dan vitamin E untuk dijadikan salep yang bisa meredakan nyeri luka bakar. Kamu bisa mengoleskannya setiap hari sampai luka sembuh.

5. Kulit pisang
Menempatkan kulit pisang di area kulit yang terbakar sampai dia menjadi hitam, bisa mengatasi rasa nyeri luka bakar.

Nah, bagaimana, guys? Jangan remehkan bahan-bahan di dapurmu, ya.