Brilio.net - Tak habis cerita bila membicarakan ponsel canggih ya, guys? Semua kemudahan bisa kamu dapatkan hanya dengan mengutak-atik ponsel canggihmu.

Namun begitu, ponsel juga tak dinafikan menimbulkan permasalahan kesehatan. Selain efek radiasi, juga postur tubuhmu. Benarkah?

Dilansir brilio.net dari laman WOMEN'S BEST, Senin (3/8), orang yang telah terkena Smartphone Syndrome lebih memiliki efek fisik dan efek samping sosial.

Smartphone Syndrome sendiri mengacu pada gejala fisik yang diakibatkan karena berjam-jam melihat layar ponsel pintar. Terlalu lama menggunakan ponsel akan membuat kepala, pundak, dan punggungmu lebih membungkuk dari seharusnya. Belum lagi aktivitas gerakan area tangan dan pundak dalam mengutak-atik ponsel, pasti berdampak pada area tersebut. Akibatnya, gejala sindrom ini muncul, antara lain nyeri leher dan bahu. Selain itu, setiap bagian tangan, dari pangkal ke ujung, terasa sakit semua.

Kamukah orang yang terkena Smartphone Syndrome? Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Berikut langkah-langkahnya:

1. Jangan menggunakan ponsel dengan posisi membungkuk, melainkan lebih angkatlah ponselmu sejajar atau hampir sejajar mata. Jangan takut dibilang konyol bin aneh. Lebih penting kesehatan kamu bukan, ketimbang ocehan orang lain?

2. Olahraga ringan. Untuk olahraga ini, kamu bisa melakukan dua langkah sebagai berikut:
a. Perhatikan area bahu dan leher. Kemudian gerakkan kepala seperti dalam gerakan pemanasan sebelum senam, seperti menganggukkan kepala ke depan-ke belakang, lalu miring dan menoleh ke kiri dan ke kanan. Kamu juga bisa menahan posisi kepalamu ke depan atau miring ke kanan-ke kiri dengan tangan selama beberapa detik.

b. Menggerakkan seluruh badan dengan media dinding. Jadi, kamu bisa berdiri berhadapan dengan dinding. Letakkan kedua telapak tanganmu di dinding, sementara kedua kakimu sedikit menjauh dari dinding. Pada gerakan pertama, kamu tempelkan kedua siku tanganmu ke dinding sejurus menekuk kedua lutut. Gerakan kedua, tariklah tekukan siku dan lututmu itu menjauhi dinding, dengan posisi seakan mendorong dinding. Lakukan berulang kali setelah menggunakan ponsel berjam-jam. Latihan ini bisa meminimalisasi risiko pembungkukan tubuhmu.

3. Menggunakan perangkat hands-free. Cara ini ampuh untuk kamu yang sering kali menggunakan ponsel untuk menelepon. Dengan begitu, tanganmu tak akan pegal, pun telinga dan bahu kamu.

4. Pijatlah. Ya, kalau masalah pegal-pegalmu sudah cukup serius, cobalah pergi ke terapis pijat. Selain untuk mengatasi efek Smartphone Syndrome, juga menghindari salah penanganan terhadap gejala sindrom bila kamu datang ke terapis yang tepat.

Oke, guys, selama mencoba. Kesehatanmu, lho!