Brilio.net - Tahun baru identik dengan resolusi. Menargetkan sesuatu untuk diraih di masa mendatang akan memberimu motivasi untuk lebih baik dari tahun ini dan sebelumnya. Nah, ancang-ancang tahun baru nggak perlu yang muluk-muluk. Mulai saja dari hal kecil atau tindakan sederhana.

Tujuan resolusi bukan semata terkait materi atau fisik terlihat, melainkan juga mental atau psikologismu. Pastikan kamu menjadi pribadi lebih baik dengan meningkatkan kebaikan mentalmu pada tahun depan. Mau tahu caranya?

Nah, sebagaimana dilansir brilio.net dari laman BuzzFeed, Kamis (31/12), berikut penjelasannya:


1. Rapikan dan perindah kamar tidur

foto: homeadore.com

Kamar tidur merupakan tempat paling privasi untukmu. Kamu pasti sering merenung di kamar tidur kan? Refleksi diri pun kamu lakukan saat menjelang tidur. Nah, butuh kamar tidur yang nyaman untuk membuatmu bisa berpikir jernih dan menikmati waktu istirahatmu. Jadi, rapikan dan perindah kamar tidurmu. Jangan ragu mengecat ulang, mengubah tatanan barang-barangnya, dan sebagainya.


2. Sudahi hidup selalu menyenangkan orang lain

ilustrasi: MT Ardynata

Selalu baik terhadap orang lain dan tak bisa bilang nggak ternyata tak baik lho! Memangnya kapan kamu mau membahagiakan dan menjadi diri sendiri? Selalu mengikuti apa mau orang, membuatmu merasa tertekan, bukan? Nah, tahun depan ubah kebiasaanmu mengutamakan kepentingan orang lain. Tak salah mengutamakan kepentingan orang lain, tapi kalau justru kamu yang tersiksa? Kamu baik apa mau-maunya dibodohi?


3. Tekuni hobi yang tertunda

ilustrasi: MT Ardynata

Tahun baru waktunya kamu menekuni hobi yang selama ini terbengkalai. Misalnya kamu hobi ngeblog tapi selama 2015 kamu sibuk banget atau malas ngeblog lagi. Coba deh, rajin ngeblog tahun 2016 nanti. Tak usah setiap hari, misalnya seminggu tiga kali. Beri waktu dirimu untuk sejenak 'bernapas' setelah sibuk mengerjakan tugas utama dari kantor misalnya. Siapa tahu kan, hobimu bisa menambah penghasilanmu? Selain itu juga bisa memuaskan hasratmu kembali menulis.


4. Menabung di celengan

foto: tulisanrifai.wordpress.com

Jangan meremehkan menabung di celengan, baik uang receh atau bukan. Tabungan di celengan kalau menggunung bisa kamu gunakan untuk mewujudkan keinginan membeli sesuatu. Atau bisa juga sekali waktu kamu gunakan saat uang bulananmu habis dan gaji belum cair. Kebiasaan menabung melatihmu untuk mengendalikan diri supaya nggak hidup boros.


5. Berhenti berkata-kata negatif pada diri sendiri

ilustrasi: MT Ardynata

Percaya atau nggak, kata-kata adalah doa. Nah, kalau kata-kata yang kamu ucapkan pada diri sendiri negatif, maka akan tertanam pada pikiranmu secara perlahan namun pasti. Kemudian akan berbuah pada tindakan jelek dan akhirnya menjadi kebiasaan buruk. Hal inilah yang membuatmu mengalami hal negatif. Maka dari itu, tahun 2016 sudahi pikiran dan kata-kata buruk bagi diri sendiri. Hargai dirimu dengan hal positif. Kamu berhak bahagia!


6. Letakkan setiap kenangan dalam gelas jar setiap hari


foto: buzzfeed.com


Setiap pengalaman berharga pada tahun 2016 layak kamu abadikan. Bukan semata foto tapi juga catatan kecil menggunakan tulisan tangan kemudian kamu simpan di dalam gelas jar. Setelah 365 hari nanti, kamu bisa membaca catatan-catatan itu untuk mengambil hikmah semuanya.


7. Hindari berhubungan dengan orang yang tak baik

ilustrasi: MT Ardynata

Orang yang tak baik di sini adalah orang yang hanya menguras emosimu dan membawa dampak buruk bagi hidupmu. Buat apa kamu bergaul dengan orang yang sukanya nyinyirin orang lain? Banyak membual tapi kerjanya lelet dan tak produktif, dan berbagai jenis orang negatif lainnya. Semua itu justru menguras energimu. Buatlah dirimu dikelilingi banyak orang positif sehingga kamu juga merasakan energi positifnya.


8. Hilang kata 'seharusnya' dari kosa katamu

ilustrasi: MT Ardynata

Kata 'seharusnya' biasanya menunjukkan penyesalan terhadap sesuatu yang semestinya bisa berjalan sempurna tapi faktanya tidak. Penyesalan itu biasanya juga disebabkan kekurangsiapan diri menghadapi sesuatu. Maka dari itu, gunakan kata 'Aku akan...'.

Pengandaian, terlebih dalam hal positif, akan menjadi sugesti tersendiri. Percaya atau nggak, kekuatan pikiran yang akan membawamu mencapai semua yang kamu inginkan. Misalnya 'Aku akan jadi penulis' tertancap kuat di pikiranmu akan mendorongmu lebih aktif ikut lomba dan seminar kepenulisan. Kemudian kamu mencoba menulis, jika gagal kamu coba lagi, dan begitu seterusnya. Akhirnya kamu nanti bisa menikmati buahnya. Kamu akan terlatih menjadi penulis. Semakin kamu menyerap banyak ilmu dan melakukan banyak latihan, kamu bisa menjadi penulis profesional.


9. Perlakukan diri sendiri sebagaimana teman baikmu memperlakukanmu baik

ilustrasi: MT Ardynata

Jangan merasa dirimu tak berharga dan berguna. Seperti yang dikatakan sahabat sejatimu bahwa kamu pasti bisa melalui semuanya, maka yakinilah bahwa dirimu bisa. Bahkan bisa saja kemampuanmu lebih dari apa yang bisa kamu bayangkan.


10. Perlakukan rasa sakit emosional layaknya rasa sakit fisik

ilustrasi: MT Ardynata

Saat kamu sakit flu, yang kamu butuhkan adalah istirahat. Kalau hatimu hancur dan pikiranmu terganggu, lebih baik ambil jatah libur dan pergilah untuk menghibur diri, kalau perlu piknik. Tapi kalau butuh semacam situasi meditasi, ya lakukanlah. Tenangkan dan manjakan dirimu sendiri supaya bisa menjalani aktivitas sehari-hari normal seperti sebelumnya.


10 POIN BERIKUTNYA WAJIB BANGET DIREALISASIKAN BUAT ANAK MUDA ZAMAN SEKARANG. APA KAMU JUGA SALAH SATUNYA? KLIK NEXT ~


2 dari 2 halaman


11. STOP MENGELUH ~


foto: buzzfeed.com


Tak ada gunanya terus mengeluh. Mengeluh membuatmu kehabisan energi, semakin kesal, dan akhirnya mandek tak produktif. Kamu sendiri yang rugi. Maka dari itu, berhentilah mengeluh dan lakukan perubahan baik dari diri sendiri, walaupun kecil. Rajin melakukan hal kecil yang baik akan menjadi 'gunungan' kebaikan.


12. Cukupi kebutuhan tidur

ilustrasi: MT Ardynata

Jangan biarkan dirimu tak tidur dalam waktu lama. Tubuhmu juga butuh istirahat untuk meregenerasi sel-sel tubuh tubuh sehingga bisa bersemangat lagi keesokan harinya. Coba deh, baca artikel ini (https://www.brilio.net/kesehatan/15-akibat-kalau-kamu-nggak-tidur-selama-24-jam-jangan-coba-coba-deh-151229c.html). Bahaya banget lho, kalau kamu nggak tidur selama semalaman. Kesehatanmu lho!


13. Menulis buku diary


foto: buzzfeed.com


Walaupun sekarang sudah zamannya ngeblog, mencatat buku diary nggak ada salahnya. Kamu bisa melatih lagi tulisan tanganmu setelah sekian lama terbiasa mengetik dengan komputer atau ponsel. Seorang psikolog Deborah Serani, yang menulis buku Living With Depression menyatakan bahwa menulis yang bertujuan mengekspresikan perasaan itu bagus untuk kesejahteraan psikologis seseorang. Maka, jangan ragu untuk menulis diary sekarang juga.


14. Membandingkan diri dengan orang lain


foto: buzzfeed.com


Pasti capai kan, membandingkan diri dengan orang lain? Capai karena hatimu iri melulu. Hidup jadi nggak tenang. Membandingkan dirimu dengan orang lain juga bukan solusi untuk membuat dirimu menjadi lebih baik. Sebaiknya kamu berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain, melainkan bandingkan dirimu dengan diri sendiri. Kalau sebelumnya belum baik, pastikan ke depannya kamu bisa menjadi lebih baik.


15. Menyisihkan waktu untuk diri sendiri

ilustrasi: MT Ardynata

Kalau selama ini kamu sibuk dengan pekerjaanmu, cobalah tahun depan untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri. Kamu perlu untuk memanjakan diri sendiri. Misalnya yoga, pijat, piknik, dan sebagainya.


16. Mengingatkan diri sendiri untuk selalu positif dalam memulai hari

ilustrasi: MT Ardynata

Setiap bangun tidur pagi, pastikan kamu memulai dengan pikiran positif dan bahagia. Biar semua yang kamu lakukan terasa ringan dan menggembirakanmu. Kalaupun kamu menemukan kesulitan, kamu tetap optimis bahwa kamu bisa mengatasi semua ini.


17. Minimalisasi penggunaan media sosial

ilustrasi: MT Ardynata

Seperti kamu tahu, terlalu sering menggunakan media sosial bikin kamu stres. Pertama, radiasi smartphone bikin mood kamu sering naik-turun. Kedua, postingan-postingan media sosial tak jarang mengocok emosimu sehingga kamu stres sendiri. Gunakan media sosial seperlunya saja.


18. Dekorasi lingkungan kamu tinggal

ilustrasi: MT Ardynata

Sama seperti menghias kamar, kamu bisa lakukan hal serupa untuk ruangan lain yang di mana kamu sering menghabiskan waktu di situ. Cara ini akan membangkitkan mood kamu dalam menjalani kehidupan sehari-hari.


19. Lakukan sesuatu yang sedikit mengundang kecemasan agar kamu tertantang


foto: buzzfeed.com


Situasi yang bikin cemas memang nggak enak, tapi menurut psikolog klinis Jennifer Taitz, menantang dirimu dengan hal-hal yang bikin cemas, menakutkan, tapi penasaran, bisa membuatmu lebih berpengalaman dalam hidup ini.


20. Rayakan prestasimu

ilustrasi: MT Ardynata

Setelah berusaha keras dan ternyata kamu berhasil, rayakanlah. Berbagilah kebahagiaan itu dengan keluarga dan kawan dekat. Hal ini salah satu wujud kamu mengapresiasi diri sendiri. Selain itu juga menjadi pelecut kamu meraih yang lebih lagi.

resolusi mental