Brilio.net - Siapa sih disini yang tak kenal dengan film-film Bollywood? Semua pasti tahu dong, apalagi di Indonesia. Sejak akhir tahun 1990-an film Bollywood sudah menghipnotis kamu mulai dari Kuch-Kuch Hota Hai, Mohabatein hingga Kabhi Kushi Kabhi Gham.

Lihat saja lapak-lapak DVD penjual film Bollywood menyeruak di pasar hingga mall. Nah, menurutmu film India apa saja sih yang paling fenomenal dan bisa membuatmu terhanyut suasana hingga nangis bombay? Berikut brilio.net ranking 10 film India paling fenomenal. Film favoritmu masuk nggak?


1. Dilwale Dulhania Le Jayenge

10 Film India ini sangat fenomenal, favoritmu yang mana? foto : fanpop.com
Film yang dibintangi Shahrukh Khan dan Kajol ini disebut-sebut sebagai film paling fenomenal karena rekornya yang luar biasa. Bagaimana tidak, film ini memecahkan rekor film yang paling lama diputar di bioskop mulai tahun 1995 hingga sekarang. Wah keren ya?

2. Kuch Kuch Hota Hai

10 Film India ini sangat fenomenal, favoritmu yang mana? foto : youtube.com
Nah kalau film yang satu ini semua pada kenal dong. Masih dibintangi Shahrukh Khan dan Kajol, film ini bercerita tentang persahabatan, cinta dan pengorbanan cinta. Meski memliki durasi yang lama yakni 3 jam namun penonton tidak akan dibuat bosan, yang ada malah emosi mereka ikut terhanyut menontonnya.

3. Mohabbatein

10 Film India ini sangat fenomenal, favoritmu yang mana? foto : indicine.com
Film yang tayang di tahun 2000 ini juga sukses membuat penonton banjir air mata. Bercerita tentang kisah 3 mahasiswa yang mengejar pujaannya masing-masing. Belum lagi kisah cinta sejati Raj Aryan kepada Megha juga akan membuat siapa pun terharu.

4. 3 Idiots

10 Film India ini sangat fenomenal, favoritmu yang mana? foto : santabanta.com
Kalau film satu ini ceritanya agak melenceng dari film-film India kebanyakan yang mengusung cinta-cintaan. Film ini lebih menyentil ke dunia pendidikan India yang dirasa tidak adil. Ada banyak pelajaran yang bisa dipetik dari film yang dibintangi Amir Khan ini.

5. Taare Zameen Par

10 Film India ini sangat fenomenal, favoritmu yang mana? foto : sanjukta.wordpress.com
Masih dibintangi Amir Khan, film ini juga menyentil cara mendidik orangtua yang mengutamakan pendidikan formal sebagai segala-segalanya. Padahal ada anak-anak istimewa seperti Ishaan yang menderita dysleksia. Film ini membuka mata semua orang kalau setiap anak itu istimewa, tidak ada yang bodoh.

6. P.K

10 Film India ini sangat fenomenal, favoritmu yang mana? foto : inperformer.com
Film ini termasuk baru karena dirilis tahun 2014 kemarin. Meski begitu cukup fenomenal karena mengundang banyak kontroversi di berbagai negara. Namun cerita film ini cukup anti-mainstream dan layak ditonton kok. Mulai dari ada tertawanya hingga sedihnya, pokoknya emosi diaduk-aduk deh.

7. Kabhi Kushi Kabhi Gham

10 Film India ini sangat fenomenal, favoritmu yang mana? foto : buzzfeed.com
Film ini masuk dalam jajaran film fenomenal karena dibintangi artis-artis top India. Mulai dari Amitabh Bachchan, Jaya Bachchan, Shahrukh Khan, Kajol, Hrithik Roshan Kareena Kapoor dan Rani Mukerji. Bercerita tentang anak orang kaya yang cinta terpaksa tidak direstui orangtua karena perbedaan kasta.

8. My Name is Khan

10 Film India ini sangat fenomenal, favoritmu yang mana? foto : bumor.com
Film ini adalah salah satu film bollywood yang bekerja sama langsung dengan industri film Amerika. Film yang dibintangi oleh Shahrukh Khan ini bercerita tentang perjuangan lelaki muslim bernama Rizwan Khan di Tanah Amerika.

9. Slumdog Millionaire

10 Film India ini sangat fenomenal, favoritmu yang mana? foto : naturalaspen.com
Film ini sebenarnya merupakan besutan dari sutradara luar, Danny Boyle. Namun semua setting cerita mulai dari tempat, musik dan artisnya berasal dari India. Bercerita tentang perjalanan seorang anak yatim piatu bernama Jamal Malik yang mengikuti kuis Who Wants To Be Millionaire. Dari kuis itu akan ada kilas balik perjuangan Jamal dalam menapaki kerasnya hidup di India.

10. Koi Mil Gaya

10 Film India ini sangat fenomenal, favoritmu yang mana? foto : santabanta.com
Koi Mil Gaya mungkin menjadi satu-satunya film bertema alien yang sukses. Film yang dibintangi Hrithik Roshan ini bercerita tentang seorang pria bernama Rohit yang mengalami keterbelakangan mental. Hidupnya mulai berubah saat datangnya seorang alien yang membantu hidupnya.