Brilio.net - Bawang putih termasuk umbi-umbian yang tumbuh di Asia, termasuk Indonesia. Jika dimakan mentah, bawang putih memiliki rasa getir dan menyengat di mulut. Bawang putih juga memiliki bau yang mudah tertinggal dan menempel, baik di tangan atau benda-benda lainnya.

Biasa dijadikan sebagai bumbu masakan, bawang putih ternyata mengandung senyawa aktif bernama allicin. Senyawa allicin dipercaya mampu membantu mencegah hipertensi dan menurunkan berat badan. Selain itu, bawang putih juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Umbi-umbian yang memiliki nama latin Allium sativum ini mengandung vitamin C, kalori, fosfor, protein, dan zat besi. Beberapa penelitian mengungkapkan manfaat bawang putih sebagai obat untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan lambung. Namun tidak banyak yang tahu, bawang putih juga bermanfaat bagi kesehatan pria.

Penasaran apa saja manfaat bawang putih untuk pria dan bagaimana cara menggunakannya? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Senin (4/11) tentang manfaat bawang putih bagi pria dan cara menggunakannya.

1. Meningkatkan produksi testosteron.

a © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Bawang putih ternyata mampu meningkatkan produksi testosteron. Bagi pria, testosteron adalah hormon yang penting untuk sistem reproduksi. Produksi testosteron akan menurun saat pria memasuki usia 30 tahun. Dalam beberapa kasus, seorang atlet atau pria yang suka berolahraga berat juga bisa mengalami penurunan produksi testosteron.

Hormon testosteron berfungsi untuk memperkuat otot dan kepadatan tulang. Selain itu, testosteron juga berpengaruh pada jumlah produksi sperma. Saat terjadi pembuahan, testosteron inilah yang membentuk genital laki-laki pada janin. Oleh sebab itu, mengonsumsi bawang putih dianjurkan bagi pria untuk meningkatkan produksi testosteron.

2. Menambah gairah seksual pria.

 Manfaat bawang putih untuk pria © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Manfaat bawang putih bagi pria adalah menambah gairah seksual. Ada berbagai faktor yang memengaruhi gairah seksual pria. Salah satunya adalah kadar testosteron. Semakin banyak jumlah produksi testosteron, maka semakin bergairahlah seorang pria.

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, bawang putih mampu meningkatkan produksi testosteron. Selain itu, kandungan dalam bawang putih juga mampu memperlancar peredaran darah. Dengan demikian, tubuh menjadi lebih berenergi dan gairah seksual meningkat.

3. Menjaga kesehatan prostat.

 Manfaat bawang putih untuk pria © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Prostat adalah kelenjar eksokrin yang letaknya berada dalam panggul dan dekat dengan kandung kemih. Dalam sistem reproduksi, kelenjar prostat yang menentukan kesuburan pria.

Fungsi prostat adalah mengeluarkan cairan yang melindungi sperma. Saat ejakulasi, prostat menutup saluran yang menuju kandung kemih. Cairan yang dikeluarkan oleh prostat juga membuat sperma bisa bergerak menuju rahim wanita. Begitu pentingnya fungsi-fungsi tersebut dalam sistem reproduksi, membuat pria harus senantiasa menjaga kesehatan prostat.

Seiring pertambahan usia, ukuran prostat pun mengalami pembesaran. Padahal apabila ukuran prostat terlalu besar atau ditemukan gangguan lain seperti infeksi atau peradangan, fungsi prostat pun tidak akan berjalan optimal.

Mengonsumsi bawang putih bisa menjadi upaya untuk menyehatkan prostat. Sebab bawang putih dipercaya mampu menurunkan risiko Benign Prostatic Hyperplisia (BPH) atau kondisi pembesaran prostat jinak.

4. Terhindar dari disfungsi ereksi.

Bawang putih juga dipercaya mampu mencegah disfungsi ereksi. Kondisi disfungsi ereksi atau ketidakmampuan pria mencapai atau mempertahankan ereksi saat berhubungan seksual. Padahal jika mendapat rangsangan, penis yang sehat akan mengeras dan menegak.

Ada berbagai macam penyebab disfungsi ereksi. Salah satunya yaitu tidak lancarnya peredaran darah menuju organ seksual. Nah, kandungan dalam bawang putih ternyata mampu melancarkan peredaran darah. Sehingga jika rutin mengonsumsi bawang putih, maka pria mampu mengurangi dari disfungsi ereksi.

5. Menghasilkan bau tubuh khas pria.

 Manfaat bawang putih untuk pria © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Mengonsumsi bawang putih ternyata membuat produksi keringat semakin meningkat. Hal ini ternyata baik untuk pria. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa aroma tubuh pria ternyata mampu menambah ketertarikan seorang wanita. Meski terdengar aneh, keringat dan aroma tubuh pria dinilai seksi dalam pandangan sebagian besar wanita.

Cara penggunaan:

Sebelum beralih pada cara penggunaan bawang putih untuk kesehatan pria, ada baiknya mencermati terlebih dahulu cara memilih bawang putih yang baik. Hal ini penting agar bawang putih yang dikonsumsi benar-benar mengandung zat dan nutrisi yang diperlukan.

Cara memilih bawang putih yang baik adalah sebagai berikut:
- Pilih bawang putih yang tampak segar dan tidak layu.
- Kulit bawang putih terlihat bening dan teksturnya seperti kertas.
- Bawang putih yang baik memiliki semburat hijau dibagian tengah.
- Hindari bawang putih yang berwarna terlalu kuning dan terlihat kering.
- Perhatikan bagian bonggolnya, jika bonggol bawang putih keras saat disentuh, maka bawang putihnya segar.
- Jangan memilih bawang putih yang bonggolnya bertunas, sebab bawang putih dengan bonggol bertunas artinya hampir membusuk.

Jika sudah memilih bawang putih yang baik, selanjutnya adalah cara penggunaannya. Cara penggunaan bawang putih ini bisa dengan dikonsumsi langsung saat masih mentah. Namun manfaatnya akan bertambah apabila dikonsumsi dengan campuran lain seperti madu dan susu.

Cara mengonsumsinya:
- Siapkan 5-6 siung bawang putih ukuran sedang, 1 gelas gelas susu, dan 5 sendok makan madu asli.
- Haluskan bawang putih, bisa ditumbuk atau dengan blender.
- Selanjutnya peras bawang putih yang sudah dihaluskan tadi hingga mendapatkan sarinya.
- Campurkan air perasan bawang putih dengan susu dan madu.
- Aduk hingga rata.
- Minum setiap malam sebelum tidur.

Mgg/ Deta Jauda