Brilio.net - Jika mencari bahan alami yang cocok dan bermanfaat bagi tubuh, maka yang paling banyak muncul dalam pencarian internet adalah cuka apel. Manfaat cuka apel pada wajah sering disebut. Namun, banyak dari masyarakat masih mempertanyakan kebenaran dari khasiat cuka apel tersebut. Pasalnya, belum banyak penelitian yang menyatakan akan keamanan dalam menggunakan bahan alami ini.

Ada baiknya sebelum menggunakan atau mengaplikasikan pada wajah atau tubuh, harus memahami seluk beluk penggunaan cuka apel untuk wajah. Bukan main-main, ada bahan di dalam cuka apel yang dipercaya baik untuk kesehatan kulit seperti asam asetat dan asam sitrat.

Asam asetat memiliki sifat antijamur dan antimikroba, yang bermanfaat menghilangkan bakteri penyebab penyakit kulit, termasuk jerawat dan infeksi kulit lainnya. Sedangkan asam sitrat mengandung AHA yang dapat membantu mempercepat pergantian kulit mati dan mengatasi keriput serta bintik hitam pada kulit.

Nah, nggak cuma bermanfaat untuk kulit, cuka apel juga bermanfaat untuk rambut dan tubuh, lho. Penasaran apa saja manfaatnya dan bagaimana cara menggunakannya?

Berikut 33 manfaat cuka apel untuk wajah, rambut, dan tubuh, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (30/9).

Manfaat cuka apel untuk wajah.

Manfaat cuka apel berbagai sumber


foto: freepik.com

1. Mengatasi jerawat.

Jika kamu ingin melawan jerawat yang membandel, sediakan botol cuka sari apel. Zat antibakteri dan antijamur cuka sari apel membantu menjaga bakteri pori-pori kulit, minyak dan debu. Caranya, campurkan cuka sari apel dengan air, lalu saring dan tuang ke mangkuk. Rendam bola kapas dalam larutan itu, kemudian oleskan pada wajah berjerawat. Diamkan selama 10 menit lalu basuh dengan air hangat. Terapkan beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Membersihkan pori-pori.

Cuka sari apel memiliki sifat astringen, yang membantu dalam meningkatkan aliran darah ke kulit dan dapat mengecilkan pori-pori. Bisa jadi obat yang bagus bagi kamu yang punya kulit wajah berminyak. Sebab cuka apel ini diyakini dapat mengatur tingkat pH kulit. Caranya, campurkan cuka sari apel dengan air. Lalu saring ke dalam wadah. Tambahkan juga beberapa tetes minyak esensial. Oleskan larutan pada wajah menggunakan bola kapas. Diamkan selama beberapa menit, bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini sekali atau dua kali sehari.

3. Memudarkan bekas jerawat.

Cuka apel mengandung asam suksinat, yang akan membantu proses pengelupasan kulit mati. Selain itu juga dapat meredakan peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Sehingga jaringan parut tidak akan terbentuk pada wajah. Asam laktat cuka apel juga dapat memperbaiki kondisi kulit orang yang menderita jerawat. Caranya, larutkan beberapa tetes cuka apel dengan air, oleskan pada bekas jerawat. Diamkan selama 10 menit, bilas dengan air bersih.

4. Mengencangkan kulit.

Dilansir dari healthline, cuka apel dapat dijadikan toner dan cuci muka. Cuka apel dapat mencegah kerusakan dan mengencangkan kulit wajah secara alami. Kamu bisa mengoleskan secara langsung cuka apel pada wajah, namun jika dirasa kulit terasa terbakar, coba encerkan terlebih dulu cuka apel dengan takaran air yang lebih banyak.

5. Membantu pengelupasan kulit mati.

Cuka sari apel akan menenangkan kulitmu dan akan membuatnya lebih lembut dan kenyal. Asam alfa hidroksilnya dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat sel-sel kulit baru yang sehat. Cara penggunaannya, tuangkan cuka sari apel ke dalam bak air hangat. Rendam tubuhmu sekaligus wajah selama 15 hingga 20 menit. Biarkan asam pelindung meresap ke dalam kulit. Lakukan cara ini saat mandi secara rutin untuk menjaga tingkat pH kulitmu.

6. Mengurangi bintik-bintik hitam.

Cuka sari apel mengandung asam alfa hidroksil, yang bisa menghilangkan kulit mati dan memunculkan kulit yang sehat dan bercahaya. Cuka sari apel juga membantu menghilangkan bintik-bintik penuaan dan meminimalkan garis-garis halus dan kerutan. Caranya campur cuka apel dengan air, bilaskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit hingga wajah terasa kering, bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini rutin dua kali sehari selama 6 minggu untuk melihat perbedaan efektif.

7. Menyeimbangkan ph kulit wajah.

Menyeimbangkan ph kulit wajah.Tahukah kamu, pH yang seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. pH yang tidak seimbang menyebabkan ketombe di kulit kepala dan berbagai masalah kulit lainnya, termasuk bagian wajah. Keseimbangan pH ini juga penting untuk mencegah berbagai masalah yang timbul pada wajah. Caranya campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:2, kemudian gunakan untuk toner wajah agar kulit sehat terawat.

8. Mencegah kerutan.

Cuka apel bisa digunakan sebagai pengganti skin care untuk wajah. Cuka apel dapat membantu mencegah penuaan dini secara efektif, khususnya untuk mencegah kerutan wajah.

Ambil sedikit cuka apel pada ujung cotton ball dan oleskan langsung pada wajah yang berkerut. Diamkan selama kurang lebih 30 menit dan bilas dengan air dingin. Ulangi cara ini dua kali dalam sehari selama 6 minggu sampai kamu merasakan perubahannya.

9. Menghilangkan racun dari kulit wajah.

Cuka apel dapat jadi detoksifikasi kulit supaya jadi lebih sehat, cantik, dan bersih alami. Tumpukan racun yang ada pada wajah akan sirna. Penggunaan secara teratur akan menghasilkan wajah yang lebih bersih. Buatlah larutan cuka apel dengan air dengan perbandingan sama, 50 persen. Oleskan campuran itu pada kulit tangan terlebih dulu untuk menguji efeknya. Jika dirasa kulit tidak terbakar, oleskan pada wajah.

10. Mencerahkan kulit.

Cuka sari apel mengandung komponen antimikroba yang bertindak sebagai pembersih alami untuk kulit. Sedangkan asam alfa hidroksi dan asam asetatnya dengan lembut melarutkan kulit mati dan menstimulasi sirkulasi, sehingga membuat kulit tampak lebih cerah dan kencang.

"Setelah membilas wajah saya dengan air, saya merendam bola kapas dengan cuka apel dan dengan lembut menyeka wajah dengan gerakan memutar untuk menghilangkan kotoran," kata Jacqueline Schaffer, ahli kesehatan, pendiri Schique Skincare, dan penulis Irresistible You.

11. Melembutkan kulit.

Tingkatkan manfaat kecantikan dari cuka apel dengan menuangkan sedikit cuka apel ke dalam air untuk mandi. Hal ini dikarenakan cuka apel mengandung vitamin B1, B2, B6, dan C untuk menutrisi dan melembutkan kulit.