Brilio.net - Saat ini masyarakat sudah mulai menyadari untuk menjalani hidup sehat, baik mengonsumsi makanan sehat maupun menjalani aktivitas kesehatan. Tak sulit untuk menjalani hidup sehat, banyak figur di bidang kesehatan yang menginspirasi masyarakat untuk melakukan perubahan positif pada hidup dengan cara berolahraga rutin.

Tren wisata olahraga saat ini juga sudah mulai dilakukan oleh banyak negara. Jadi bagi masyarakat yang ingin berlibur ke tempat wisata tak hanya menyegarkan pikiran dan jiwa, tapi juga fisik. Sebut saja Borobudur Marathon dan Bali International Triathlon yang akan diadakan di November 2019. Ajang tersebut menjadi wisata olahraga yang sangat ditunggu-tunggu oleh para wisatawan dari dalam negeri maupun mancanegara.

Seperti halnya dengan New Zealand, sebagai negara yang memiliki keindahan alam yang luar biasa, negara ini pun bisa dijadikan sebagai destinasi wisata lengkap untuk kamu yang ingin mencoba berbagai macam olahraga demi jiwa dan raga yang sehat.

Berikut 6 rekomendasi olahraga yang bisa dilakukan wisatawan ketika berlibur di New Zealand seperti dilansir dari siaran pers Tourism New Zealand yang brilio.net terima, Jumat (1/11).

1. Wanaka

Sport tourism New Zealand © 2019 brilio.net

Salah satu aktivitas paling top di New Zealand adalah memanjat tebing. Karena alamnya yang indah dengan beragam lanskap dan berbagai tipe perbukitan berbatu, New Zealand adalah destinasi yang tepat untuk kamu yang ingin meningkatkan keahlian memanjat tebing atau mencoba suasana pendakian baru.

Jika kamu berlibur di Pulau Selatan, cobalah mendaki di Wildwire Wanaka, pendakian air terjun tertinggi di dunia. Wildwire Wanaka menawarkan berbagai macam trek untuk pemula dan profesional. Jangan lupa untuk menjelajahi kolam-kolam tersembunyi dan menikmati pemandangan gunung yang memesona saat kamu memanjat. Akhiri perjalananmu dengan berpiknik di alam terbuka untuk mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan.

2. Aoraki Mount Cook

Tempat lain yang bisa dikunjungi adalah Aoraki Mount Cook, puncak tertinggi di New Zealand. Kamu bisa mendapatkan pengalaman maksimal saat memanjat bersama Alpine Guides, melalui pilihan paket yang beragam untuk semua tingkat keahlian. Baik memanjat tebing batu atau tebing es, kamu pasti akan jatuh cinta dengan pengalaman menegangkan ini.

3. Moke Lake Loop Track

Sport tourism New Zealand © 2019 brilio.net

Tempat menarik lainnya adalah Moke Lake Loop Track – salah satu trek lari paling popular di Queenstown. Trek ini dikelilingi padang rumput, danau, dan empat gunung yaitu Mount Crichton (6,135 ft) dan Mount Hanley (5,348 ft) di barat, Ben More Peak (6,043 ft) di utara, dan Ben Lomond Peak (5,735 ft) di timur. Jalur ini terpilih menjadi bagian Queenstown Marathon, festival lari internasional yang diadakan di area Danau Wakatipu dan kota Queenstown setiap bulan November.

4. Pulau Rangitoto

Sport tourism New Zealand © 2019 brilio.net

Memiliki cuaca yang sejuk, udara yang segar dan pemandangan yang indah, membuat New Zealand menjadi tempat yang sempurna untuk olahraga lari. Trek pegunungan yang cantik di Pulau Rangitoto, ikon kota Auckland, memiliki beragam ketinggian untuk kamu yang suka berlari sambil menikmati pemandangan alam. Untuk trek yang mudah, cobalah Rangitoto Summit Track di Pulau Utara dengan jarak 3 km dan ketinggian 245 m. Jalur ini berhenti di puncak gunung berapi Rangitoto di mana kamu bisa melihat pemandangan pusat kota Auckland, Pulau Waiheke, dan Selat Hauraki.

5. Lake Pukaki

Sport tourism New Zealand © 2019 brilio.net

Jika kamu lebih suka bersepeda, New Zealand juga memiliki banyak jalur sepeda mulai dari hutan hujan dan pantai berpasir. Kamu bisa mencoba bersepeda di Timber Trail yang berada di Hamilton dan Waikato. Di sana kamu bisa melihat hutan tua Pureora Forest dan merasakan budaya Mori saat mengayuh sepeda di area itu.

Tidak jauh dari Hamilton dan Waikato terdapat “surga sepeda di New Zealand” yang berada di Rotorua. Rotorua disebut sebagai pusatnya pencinta sepeda karena memiliki berbagai macam rute bersepeda. Mulai dari rute pegunungan dengan daerah menanjak, sampai rute perhutanan dan rute menarik lainnya di sekitar Danau Rotorua yang terkenal. Rute paling populer di daerah ini adalah Te Ara Ahi, di mana kamu bisa mengayuh sepeda ke Whakarewarewa Thermal Reserve dan kemudian berendam air hangat di Te Ranga Thermal River. Kunjungi Rotorua Bike Festival yang diadakan tiap bulan Oktober untuk mencoba berbagai macam pengalaman menarik seperti makanan lokal New Zealand, seni dan budaya Mori, serta beragam aktivitas untuk anak-anak.

6. Tur E-bike

Sport tourism New Zealand © 2019 brilio.net

Pengalaman bersepeda lain yang bisa kamu coba adalah menaiki E-bike yang ramah lingkungan. Saat ini banyak perusahaan rental dan tur E-bike yang hadir di kota-kota besar dan tempat wisata di New Zealand. Kamu bisa memilih untuk bersepeda di medan yang beragam, seperti jalan kota di Wellington atau jalan bebatuan pantai di Kaikora yang dikelilingi pemandangan alam yang luar biasa. Dengan pilihan rute landai di Auckland, jalan gunung di Wanaka, lajur pantai di Kaikoura atau rute desa di Whanganui, New Zealand akan memuaskan keinginanmu untuk berpetualang bebas dengan bersepeda.