Brilio.net - Baru-baru ini, aplikasi berbagi foto dan video Instagram hadirkan dark mode atau mode gelap di smartphone. Namun sayangnya, dark mode belum bisa dinikmati di semua iOS dan Android.

Saat ini, dark mode hanya hadir di smartphone dengan OS Android 10 dan iPhone dengan iOS 13 saja. Induk Instagram yakni Facebook telah menguji coba fitur dark mode. Sementara untuk Facebook Messenger telah menerima kehadiran update mode gelap.

Gmail pun demikian, bakal segera menghadirkan mode gelap, juga WhatsApp yang baru-baru ini mengujicobakan mode gelap. Kini giliran Instagram yang kebagian menjajal mode gelap ini.

Khusus untuk Instagram di smartphone Android, dark theme kini tersedia di aplikasi tersebut, tak dalam warna abu-abu tetapi hitam total. Selain itu, UI Instagram saat menggunakan mode ini pun jadi lebih gelap.

Jika perangkat kamu adalah smartphone dengan OS Android 10 atau iPhone dengan iOS 13, kamu bisa mendapatkan dark mode ini. Caranya kamu harus memperbarui Instagram ke versi terbaru.

ig © 2019 brilio.net

foto: CNN Business


Selanjutnya, pengguna harus mengaktifkan mode gelap pada Android mereka. Perlu digarisbawahi, dark mode hanya bisa tersedia jika OS smartphone kamu tersedia dark mode atau night mode secara built in alias fitur bawaan dari Android 10.

Artinya, hanya perangkat Android 10 atau smartphone Samsung Galaxy dengan One UI (yang ada dark mode-nya), atau Xiaomi yang menjalankan MIUI 10 yang akan kebagian opsi dark mode pada Instagram.

Sebelumnya, Instagram sudah mulai melakukan uji coba dark mode. Dikutip dari The Next Web, dark mode ini nantinya tidak hanya akan mendukung Android 10, tapi juga versi Android lain.

ig © 2019 brilio.net

foto: thesun.co.uk

 

Dari laporan, sejumlah pengguna beta tester Instagram juga sudah dapat mengaktifkannya. Melalui pembaruan versi 114.0.0.24, pengguna yang mengaktifkannya dapat langsung mengubah seluruh tampilan aplikasi menjadi gelap.

Selain bawaan aplikasi, fitur dark mode ini juga dilaporkan kompatibel dengan kemampuan mode Night di Samsung. Karenanya, ada kemungkinan fitur ini juga mendukung kemampuan dark mode sejumlah sistem Android kustomisasi lain.

Sayang, Instagram hingga saat ini masih belum berkomentar dan memberikan informasi mengenai jadwal bergulirnya fitur ini. Namun, ada kemungkinan fitur ini akan hadir dalam waktu dekat.

Sebelumnya, Instagram juga mengumumkan aturan baru tentang iklan produk penurun berat badan dan operasi kosmetik. Lewat aturan baru ini, media sosial tersebut akan membatasi kemunculan iklan tersebut bagi para penggunanya.

Menurut Instagram, beberapa konten terkait penurun berat badan akan disembunyikan dari pengguna di bawah delapan belas tahun. Sementara iklan yang mempromosikan produk pelangsing instan akan dihapus.