×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Cara mengaktifkan screen record di Android, gampang banget

View Image

0

BRILIO » Gadget

Cara mengaktifkan screen record di Android, gampang banget

foto: howtogeek.com

Ternyata Android punya aplikasi screen record bawaan, lho.

08 / 11 / 2019 08:29

Brilio.net - Perkembangan teknologi yang ada di smartphone makin hari makin canggih saja. Ini juga tentunya didukung oleh software atau perangkat lunak yang terinstal di smartphone itu sendiri. Saking banyaknya kecanggihan yang ingin ditunjukkan kepada konsumen, beberapa merek smartphone bahkan meluncurkan tipe terbaru setiap beberapa bulan sekali.

Salah satu software atau aplikasi dibutuhkan pengguna smartphone adalah screen record. Ya, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk merekam aktivitas layar smartphone yang sedang kamu gunakan. Biasanya screen record banyak dipakai para gamer. Nantinya video rekaman layar tersebut diedit dan diunggah ke YouTube maupun Twitch.

Meski demikian, ternyata masih banyak gamer yang belum tahu cara mengaktifkan screen record di Android tanpa harus install aplikasi pihak ketiga. Ya, di smartphone Android ternyata ada fitur screen record-nya, lho.

Penasaran seperti apa caranya? Berikut ini langkah-langkah mengaktifkannya, seperti brilio.net lansir dari liputan6.com pada Kamis (7/11).

1. Pastikan kamu memiliki aplikasi Google Play Games (bukan Play Store) dan YouTube terlebih dahulu.

Loading...

2. Usai itu, kamu perlu masuk ke aplikasi Play Games dan memilih game yang ingin kamu rekam. Lanjutkan dengan mengklik ikon game tersebut (bukan tekan 'Play').

cara screen record android © berbagai sumber

foto: lifewire.com

3. Ketika sudah masuk ke laman game, tekan ikon kamera yang terdapat di bagian atas layar perangkat Android.

4. Kamu akan diberikan opsi untuk memilih kualitas video yang akan direkam. Terdapat opsi '720p HD' dan '480p SD' beserta estimasi waktu perekaman sesuai dengan kapasitas penyimpanan perangkatmu.

5. Saat mulai merekam, akan muncul bubble yang menunjukkan kamera depan perangkat kamu aktif.

cara screen record android © berbagai sumber

foto: lifewire.com

Hal ini bertujuan untuk memperlihatkan ekspresi mukamu ketika sedang bermain game. Tidak hanya itu, microphone juga sudah secara otomatis aktif. Untuk mematikan kedua fitur ini, kamu hanya perlu menekan ikon microphone dan kamera.

6. Tekan tombol rekam untuk memulai, dan akan ada hitungan mundur selama tiga detik. Proses perekaman tidak akan berhenti walaupun kamu keluar dari game, untuk mematikannya kamu hanya perlu menekan kembali tombol rekam.

7. Apabila sudah selesai merekam, videonya akan tersimpan di memori internal. Kamu dapat mengedit video dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga atau YouTube.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    100%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more