Brilio.net - Di era modern saat ini beragam media sosial baru muncul. Mulai dari Instagram, Line, WhatsApp, Twitter, dan masih banyak lagi lainnya. Namun dari sekian banyak daftar media sosial yang ada, Facebook masih jadi pilihan di hati masyarakat. Aplikasi buatan Mark Zuckerberg sudah ada sejak 2004 silam. Sudah selama 15 tahun Facebook menjadi jejaring sosial paling populer di dunia.

Dikutip dari Business Insider, hasil dari kepopuleran Facebook ini membuat Mark Zuckerberg mendapatkan pundi-pundi uang sebesar 62,5 miliar dolar Amerika atau setara dengan Rp 875 triliun per 2019 ini lho. Sedikit cerita mengenai asal muasal Facebook, dulu Mark Zuckerberg mulai membuat media ini saat ia masih duduk di bangku kuliah semester 2. Dia membuat Facebook bersama rekan-rekannya.

Seiring perkembangan zaman, fitur-fitur Facebook mulai ditambah dan diperbarui. Semua itu demi memberikan kenyamanan penggunanya. Facebook menjadi media yang bisa mempertemukan dengan teman lama, keluarga jauh, teman-teman dekat, mencari teman baru, mencari penghasilan, dan lain sebagainya. Meskipun saingan media sosial nggak mau kalah, namun pengguna Facebook semakin hari semakin bertambah.

Akan tetapi, walaupun pengguna Facebook semakin banyak, ternyata masih banyak orang yang masih belum bisa membuat akun Facebook. Cara membuat Facebook ini sebenarnya cukup mudah, nggak ribet, dan nggak memakan waktu lama.

Apalagi Facebook ini bisa digunakan secara cuma-cuma alias gratis. Cara membuat Facebook bisa dilakukan melalui website di komputer atau bisa juga dari smartphone.

Nah, buat kamu yang masih bingung bagaimana caranya, simak rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (8/11) berikut ini.

Cara membuat akun Facebook melalui website di komputer.

Cara membuat akun Facebook dengan cepat pixabay

foto: Brilio.net

1. Kamu harus sudah punya akun email terlebih dulu.

2. Buka www.facebook.com/r.php.

3. Masukkan data dirimu mulai dari nama, email, atau nomor ponsel, kata sandi, tanggal lahir, dan jenis kelaminmu.

4. Klik Daftar.

5. Tahap terakhir untuk menyelesaikan pembuatan akun, konfirmasi akan dikirimkan langsung melalui email atau nomor handphonemu.

 

Cara membuat akun Facebook dari handphone. 

Cara membuat akun Facebook dengan cepat pixabay

foto: pixabay.com

1. Minimal 13 tahun untuk membuat akun Facebook. Siapkan email dan nomor telepon. Kamu hanya dapat mendaftarkan satu email untuk satu akun.

2. Buka beranda Facebook. Lalu klik atau pilih menu 'Sign Up for Facebook' atau 'Buat akun Facebook baru'

3. Masukkan informasi data dirimu. Nama depan, nama belakang, alamat email, kata sandi, tanggal lahir, dan jenis kelamin. Kamu harus menggunakan data diri asli. Nama julukan bisa digunakan asalkan ada variasi pada nama asli.

3. Jika semua informasi sudah benar, klik tombol "Daftar". Kamu akan dikirimi email verifikasi ke alamat yang email yang sudah kamu masukkan tadi.

4. Buka email verifikasi. Diperlukan beberapa menit hingga email terkirim. Klik tautan dalam email untuk mengaktifkan akun.

 

Mengatur profil Facebook yang baru saja dibuat. 

1. Tambahkan gambar profil.

Hal pertama yang harus kamu lakukan setelah membuat akun adalah menambahkan gambar profil. Hal ini akan memudahkan orang lain untuk bisa cepat melihat siapa kamu sebenarnya.

2. Tambahkan teman.

Facebook tidak berarti tanpa adanya teman dan keluarga untuk berbagi kegiatan. Kamu dapat mencari orang dengan nama atau email mereka, mengimpor dari daftar kontakmu, dan kamu juga bisa mengundang teman-teman yang belum menggunakan Facebook.

Saat kamu sudah menemukan nama yang kamu cari, klik atau pilih 'tambahkan sebagai teman'. Tunggu konfirmasi dari dia terlebih dulu.

3. Kelola pengaturan privasi.

Kamu bisa mengatur berbagai hal demi menjaga privasimu. Siapa saja yang tidak bisa melihat berbagai aktivitasmu, mulai dari foto, postingan status, siapa saja yang jadi temanmu, data diri pekerjaan, dan lain sebagainya.

Cara menggunakan Facebook untuk pemula. 

1. Bagikan dan kirim.

Kamu dapat memposting ke timelinemu sendiri atau mengirim percakapan ke timeline (akun Facebook) teman. Kamu juga dapat berbagi konten dari tempat lain di internet, termasuk tautan, gambar, dan video. Dengan cara mempaste link dari akun sumber kemudian paste kan ke akun Facebookmu atau teman.

2. Obrolan di Facebook.

Facebook bisa membantumu untuk bisa mengobrol dengan siapa pun di daftar teman saat sama-sama online. Jika orang yang kamu ajak mengobrol tidak online, mereka akan menerima pesanmu saat mereka masuk berikutnya. Kamu juga dapat mengunduh aplikasi Messenger untuk telepon dan mengobrol melalui Facebook saat bepergian.

3. Unggah dan ganti foto.

Setelah kamu selesai membuat akun baru Facebook, kamu dianjurkan mengunggah foto langsung. Nah, foto yang pernah kamu unggah sebelumnya bisa dengan mudah diganti sesuai selera.

Selain itu kamu juga bisa mengunggah satu foto atau mengatur foto jadi album. Tapi ingat, pastikan kamu tidak mengunggah foto yang tidak pantas seperti konten pornografi, karena tim Facebook akan mendeteksi akunmu dan memberikan suspend atau peringatan.

4. Buat acara.

Kamu dapat menggunakan Facebook untuk membuat acara atau event dan mengundang orang lain. Kamu dapat mengatur tanggal dan waktu, memasukkan lokasi, membuat pengumuman siapa saja yang akan hadir, dan terakhir mengundang orang-orang tertentu. Acara Facebook bisa menjadi sarana cepat supaya kamu dapat menemukan teman baru dan ngobrol bareng di dunia maya.