Brilio.net - Halo, ladies! Sudah cek tas kamu? Kali ini yang dibahas bukan apa merek tasmu atau isinya, tapi tentang bakteri yang menempel di tasmu. Ternyata ada sebuah studi yang menunjukkan kalau tasmu itu sarang bakteri lho. Iyuh banget nggak sih?

Dalam studi tersebut, ditunjukkan bahwa satu dari lima tas tangan (handbag) adalah rumah bagi bakteri yang cukup menimbulkan risiko kesehatan manusia, sebagaimana dikutip brilio.net dari Daily Mail, Sabtu (2/1). Studi ini juga mengungkapkan bahwa item paling kotor di tas, rata-rata adalah krim tangan. Krim tangan ternyata membawa banyak bakteri ketimbang toilet pada umumnya. Sementara itu, paket maskara dan lipstik lebih sedikit terkena bakteri.

Tes yang dilakukan oleh Initial Washroom Hygiene ini juga mengungkapkan bahwa tas kulit yang paling banyak ditempeli bakteri memiliki tekstur kenyal sehingga menjadi kondisi sempurna bakteri tumbuh dan menyebar. Para peneliti menyarankan bahwa sebagai perempuan, kamu harus secara teratur membersihkan tangan dan tas menggunakan tisu antibakteri atau gel tangan (handy sanitizer) guna mencegah kontaminasi satu sama lain.

Peter Barratt, Technical Manager di Initial Hygiene mengatakan, "Handbag sering mengalami kontak dengan tangan kamu dan berbagai permukaan, sehingga risiko mentransfer kuman yang berbeda juga sangat tinggi kemungkinannya, terutama jika tas jarang dibersihkan." Maka dari itu dia menekankan supaya kamu rajin mencuci tangan dan atau menggunakan handy sanitizer.

Studi di atas dilakukan setelah penelitian lain mengungkapkan bahwa dapur tempat kerja juga banyak kuman, yang menyebabkan risiko kesehatan. Studi yang juga dilakukan Initial Washroom Hygiene, mengungkapkan bahwa setengah dari permukaan di dapur tempat kerja terkontaminasi tingkat tinggi oleh coliform (bakteri dalam tinja yang menyebabkan wabah penyakit gastrointestinal).

Studi ini juga menunjukkan bahwa lebih dari seperempat dari papan pengeringan ternyata memiliki empat kali lipat lebih mungkin jadi rumah bagi coliform. Selain itu, pegangan lemari es juga mengandung bakteri coliform sebanyak sepertiga bagian. Sementara microwave terkontaminasi 30% bakteri yang sama di area pegangan dan tombolnya.

Jadi, jaga kebersihan tas kamu ya, ladies!